Tak Hanya Menjadi Pustakawan, Ini Keunggulan Prodi Ilmu Perpustakaan

Kamis, 29 April 2021 - 15:45 WIB
loading...
Tak Hanya Menjadi Pustakawan, Ini Keunggulan Prodi Ilmu Perpustakaan
Program Studi Ilmu Perpustakaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Banyak yang belum mengenal keunggulan program studi ilmu perpustakaan . Padahal prodi ini tidak hanya memberikan ilmu terkait buku saja namun kemampuan lain dan juga memiliki prospek karir yang luas dan menarik.

Dikutip dari instagram resmi Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud di @ditjen.dikti, Rabu (28/4), prodi ilmu perpustakaan tidak hanya terkait erat dengan dunia perbukuan semata.



Namun ada banyak hal yang bisa dipelajari dari program studi ini. Bahkan lulusan prodi ilmu perpustakaan juga memiliki kesempatan untuk menapaki karir yang menarik untuk masa depan.

Lalu apa saja kelebihannya, simak informasinya berikut ini:

1. Banyak hal yang akan dipelajari di jurusan ini. Tidak hanya berkutat dengan buku atau menjadi pustakawan yang hanya diam dan mengawasi pengunjung perpustakaan. Disini kamu akan belajar teliti dan rapi dalam mengelola data. Jurusan ini juga akan mengajarkan mengenai etika kepustakaan dan melatih daya analisa.

2. Apabila kamu menyenangi bidang pengembangan dan pengelolaan lembaga informasi, baik manual maupun digital maka jurusan ini akan dapat membantu menjadi konsultan informasi atau konsultan perpustakaan yang kompeten.
Selain itu jurusan ini akan melatih mengenai ilmu keperpustakaan dan mendorong untuk mengaplikasikan kepemimpinan dan manajemen pada lembaga informasi modern.

3. Belajar tentang ilmu perpustakaan tidak selalu berhubungan dengan buku-buku fisik. Tetapi juga mempelajari cara mengatur perpustakaan online yang isinya adalah e-book, jurnal elektronik dan masih banyak lagi.



Lalu setelah lulus dari prodi ini, ada beragam jenis profesi yang bisa dikuasai. Pada umumnya lulusan prodi ilmu perpustakaan mempunyai kemampuan analisa dan menguasai penggunaan teknologi informasi yang baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0947 seconds (0.1#10.140)