Ini 3 Jurusan Bagi Mahasiswa yang Ingin Berkarir di Industri Kreatif

Senin, 17 Mei 2021 - 14:47 WIB
loading...
Ini 3 Jurusan Bagi Mahasiswa yang Ingin Berkarir di Industri Kreatif
Bagi sobat vokasi yang memiliki jiwa seni dan kreativitas tinggi, berkuliah di jurusan industri kreatif bisa menjadi pilihan yang tepat. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perguruan tinggi sejatinya bisa menjadi pintu bagi lulusannya untuk bekerja di bidang yang diimpikan. Oleh karena itu sebelum memilih kampus calon mahasiswa pun harus pintar memilih jurusan yang sesuai dengan minatnya.

Salah satu bidang yang berpotensi besar menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia kedepan ialah industri kreatif . Sektor inipun perlu ditunjang oleh ketersediaan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi.



Dikutip dari instagram resmi Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi di @diktivokasi, Senin (17/5), keterampilan, talenta dan unsur-unsur kreativitas adalah beberapa kemampuan yang dibutuhkan jika ingin berkarir di industri kreatif.

Bagi sobat vokasi yang memiliki jiwa seni dan kreativitas tinggi, berkuliah di jurusan industri kreatif pun bisa menjadi pilihan yang tepat. Simak 3 jurusan yang terkait dengan dunia industri kreatif ini.

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)
Jurusan DKV mempelajari seni menyampaikan suatu pesan melalui bahasa rupa(desain) untuk menginformasikan atau mempersuasi penerima pesan.
Disini sobat vokasi akan mempelajari gabungan antara komunikasi dengan unsur estetika.
Di prodi ini, mahasiswa juga akan banyak kegiatan praktik untuk menciptakan karya desain di berbagai media. Seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi dan sebagainya.
Lulusan DKV mempunyai peluang kerja yang luas terutama di industri kreatif. Kamu bisa bekerja di agensi periklanan, pengembang web, startup, humas di perusahaan, konsultan branding dan sebagainya. Potensi karir juga bisa dipilih sebagai desainer lepas (freelance).



2. Desain Grafis
Jurusan desain grafis mempelajari bagaimana menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop atau Adobe Ilustrator dan sejenisnya dengan elemen foto, font, warna, ilustrasi, tekstur dan sebagainya. Hal ini berguna untuk menyampaikan pesan di beragam media. Seperti iklan cetak, poster, majalah, koran, brosur dan sebagainya.
Saat menjadi mahasiswa jurusan ini akan dibekali dengan ilmu untuk menjadi seorang yang kreatif dan bisa mengekspresikan suatu pesan melalui visual serta teknologi.
Lulusan dari jurusan ini memiliki peluang kerja luas terutama di industri kreatif.

3. Penyiaran
Jurusan penyiaran mempelajari bagaimana menciptakan suatu ide menjadi program untuk diproduksi dan disiarkan kepada masyarakat melalui media massa.
Di program studi ini mahasiswa tidak hanya belajar mengenai cara tampil didepan layar kaca melainkan juga mempelajari proses di balik layar kaca.
Program studi ini sangat cocok untuk mahasiswa yang komunikatif, kreatif dan camera face. Melalui jurusan ini mahasiswa juga bisa menciptakan konten-konten kreatif yang bermutu tinggi dan mendidik.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1433 seconds (0.1#10.140)