Luar Biasa, 701 Wisudawan Undip Lulus dengan Predikat Cumlaude

Kamis, 20 Mei 2021 - 13:17 WIB
loading...
Luar Biasa, 701 Wisudawan Undip Lulus dengan Predikat Cumlaude
Universitas Diponegoro (Undip). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 701 wisudawan atau 45.64 % yang berpredikat cumlaude mewarnai acara Wisuda ke-162 Universitas Diponegoro (Undip). Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama pun mengajak para wisudawan untuk menjaga integritas serta nama baik almamater.

Rektor juga mengingatkan agar para wisudawan berbangga karena telah lulus di universitas atau perguruan tinggi berakreditasi A. “Bekal yang diberikan universitas kepada Anda sudah terakreditasi sangat baik. Sehingga mantap dan tegaklah dalam melangkah ke depan,” katanya dikutip dari laman Undip di undip.ac.id, Kamis (20/5).



Secara gamblang diingatkan juga agar para orang tua juga ikut bangga karena anaknya lulus dari universitas favorit di Indonesia. Pada kesempatan itu diungkapkan pula, dari 140-an perguruan tinggi negeri di Indonesia hanya 12 perguruan tinggi yang masuk kategori Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), dimana Undip berada di rangking 2.

Sementara di tingkat global Undip juga masuk the best 1000 yang alumninya mudah mendapatkan pekerjaan. Adapun menurut lembaga pemeringkat Times Higher Educational World University (THE WUR) di tahun 2021 Undip ada di peringkat ke-9.

“Selain itu, Undip juga masuk Green Metric World University Rangkings yakni kampus yang memiliki suasana alam dan kehijauan yang asri nomor 2 di perguruan tinggi Indonesia dan 38 perguruan tinggi dunia,” tambahnya.



Menghadapi situasi pandemic seperti saat ini, Prof Yos mengajak seluruh sivitas akademika Undip berjuang mengurangi dampak ekonomi yang akut ini dengan melakukan kebijakan-kebijakan welas asih.

Sebagai lembaga, Undip memberikan pembebasan uang kuliah dengan pendekatan kasus perkasus terhadap mahasiswa yang mengalami penurunan ekonomi, memberikan potongan UKT 50 % untuk mahasiswa semester 7 sampai 9, pembayaran UKT secara mengangsur dan penundaan pembayaran hingga pemberian sembako serta pemberian bantuan uang tunai untuk mahasiswa dan masyarakat sekitar.

“Dan salah satu program andalan kami untuk menjaga marwah yakni sebagai mahasiswa yang mandiri kami buka lowongan pekerjaan dengan magang dan bergaji,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5069 seconds (0.1#10.140)