Ini Daftar 10 Besar Perguruan Tinggi UNS Jawametrik 2021

Jum'at, 21 Mei 2021 - 13:21 WIB
loading...
Ini Daftar 10 Besar Perguruan Tinggi UNS Jawametrik 2021
Pengumuman daftar perguruan tinggi yang masuk sepuluh besar UNS Jawametrik 2021, Kamis (20/5). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Pusat Unggulan Iptek (PUI) Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta secara resmi mengumumkan daftar perguruan tinggi nasional dan internasional yang masuk dalam 10 besar UNS Jawametrik 2021 .

Dalam video pengumuman yang ditayangkan PUI Javanologi UNS, UNS berhasil masuk di peringkat satu UNS Jawametrik 2021. Disusul berurutan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, dan Universitas Indonesia (UI).



Sedangkan, pada peringkat keenam hingga kesepuluh UNS Jawametrik 2021, secara berurutan diduduki oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang (Unnes), ISI Surakarta, Universitas Leiden Belanda, dan Australian National University (ANU).

Hasil pemeringkatan UNS Jawametrik 2021 didasarkan pada 11 kriteria. Yaitu institusi kajian Jawa, akademisi kajian Jawa, penelitian kajian Jawa, literatur dan koleksi pustaka tentang kajian Jawa, kolaborasi dan kerja sama yang berkaitan dengan kebudayaan Jawa, dan acara/ kegiatan yang berkaitan dengan kebudayaan Jawa.

Selain itu, kriteria selanjutnya adalah koleksi artefak Jawa, tindakan/ aksi yang berkaitan dengan nilai kebudayaan dan norma Jawa, penggunaan bahasa Jawa, pengakuan/ penghargaan yang diakui institusi lain yang berkaitan dengan budaya Jawa, dan digitalisasi/ adaptasi berbasis teknologi pada kebudayaan Jawa.



Atas keberhasilan UNS meraih di peringkat satu UNS Jawametrik 2021, Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho turut senang dan bangga. Ia menyebut pemeringkatan yang disusun oleh PUI Javanologi UNS merupakan sistem yang mampu menghubungkan satu institusi dengan institusi lain guna pengembangan budaya Jawa.

“Ini sesuai dengan cita-cita luhur UNS yaitu menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang unggul secara internasional yang tetap menjunjung nilai-nilai luhur budaya bangsa,” ujar Prof. Jamal dikutip dari laman UNS di uns.ac.id, Jumat (21/5).

Lebih lanjut, Prof. Jamal juga meyakini jika PUI Javanologi UNS dapat terus berkontribusi secara aktif dalam memberikan ruang gerak yang lebih luas agar budaya Jawa dapat maju dan berkembang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)