Segera Daftar Beasiswa untuk Pendidikan Vokasi, Ini Link Pendaftarannya

Jum'at, 21 Mei 2021 - 15:23 WIB
loading...
Segera Daftar Beasiswa untuk Pendidikan Vokasi, Ini Link Pendaftarannya
Diskusi Program Beasiswa Pendidikan Vokasi Indonesia 2021. Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek pada tahun ini mengadakan program beasiswa untuk pendidikan tinggi vokasi. Beasiswa ini terbagi dua yakni untuk beasiswa gelar dan non gelar.

Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Ahmad Saufi mengatakan, beasiswa gelar dan non gelar untuk pendidikan vokasi di tahun ini diadakan dengan kolaborasi dengan LPDP.



Menurutnya, untuk beasiswa gelar terbagi untuk beasiswa S1 dan D4 untuk calon guru SMK, beasiswa S2 dalam dan luar negeri untuk calon dosen perguruan tinggi vokasi dan beasiswa S3 dalam dan luar negeri bagi dosen perguruan tinggi yang sudah eksisting.

"Beasiswa gelar dan non gelar ini ada 9 skema. Sebagai perwujudan kementerian untuk meningkatkan kualitas SDM yang unggul," katanya pada diskusi Program Beasiswa Pendidikan Vokasi Indonesia 2021 di Jakarta, Jumat (21/5).

Sedangkan untuk beasiswa non gelar terdiri atas bridging course vokasi. magang bersertifikat, pabrik wirausaha, studi independen mahasiswa untuk mikrokredensial, magang dosen ke perguruan tinggi dan industri.



Selain itu juga ada magang tenaga pendidik di perguruan tinggi vokasi, sertifikasi dosen dan tenaga kependidikan, riset keilmuan terapan dalam negeri dan project based learning bagi siswa dan guru.

Dari paparan yang diberikan, untuk mendaftar ke program beasiswa ini bisa mengunjungi laman beasiswa.vokasi.kemdikbud.go.id dan juga ke laman beasiswa.kemdikbud.go.id.

Saufi menjelaskan, melalui beasiswa ini Kemendikbudristek ingin meningkatkan jumlah guru produktif di SMK yang saat ini masih kurang. Selain kuantitas juga untuk meningkatkan kualitas insan vokasi yang ada di Indonesia.

"Dan juga tantangan untuk menjawab dari segi relevansi. Tantangan untuk menciptakan insan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri," pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)