Belum Menentukan Pilihan Lanjut D4 atau S1, Ini Definisi Keduanya

Jum'at, 28 Mei 2021 - 17:09 WIB
loading...
Belum Menentukan Pilihan Lanjut D4 atau S1, Ini Definisi Keduanya
Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana ada dua program yang bisa dipilih yakni S1 atau D4. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana ada dua program yang bisa dipilih yakni strata-1 (S1) atau sarjana terapan/diploma (D4). Lalu di antaranya kedua mana yang akan dipilih? simak penjelasannya sebelum menjatuhkan pilihan.

Dikutip dari instagram Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Ditjen Vokasi Kemendikbudristek di @diktivokasi, Jumat (28/5), bagi lulusan SMA ataupun SMK pastinya ada yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni perguruan tinggi.



Ada yang melanjutkan ke S1 namun ada juga yang memilih ke D4. Dikti Vokasi dan Profesi menyebut, D4 itu setara dengan S1 namun lulusannya tentu akan beda. Terutama saat masuk dunia kerja, ada perusahaan yang membutuhkan lulusan dengan kualifikasi tertentu seperti S1 dan D4.

Berikut ini perbedaan D4 dan S1 berdasarkan regulasi.

Berdasar Undang-undang:
Menurut UU No 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, program Sarjana (S1) merupakan pendidikan akademik yang menyiapkan mahasiswa menjadi intelektual.

Atau menyiapkan menjadi ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan atau menciptakan lapangan kerja serta mampu mengembangkan diri menjadi profesional.



Sedangkan program diploma empat (D4) merupakan pendidikan vokasi yang menyiapkan mahasiswa menjadi praktisi terampil untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan keahliannya.

Nantinya lulusan S1 berhak mendapatkan gelar sarjana. Sedangkan lulusan D4 berhak mendapatkan gelar sarjana terapan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)