Ornamen Header
Hari Ini Kelulusan Beasiswa Mahasantri Berprestasi Diumumkan, Cek Link di Sini
Hari Ini Kelulusan Beasiswa Mahasantri Berprestasi Diumumkan, Cek Link di Sini
Seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) sudah selesai. Hasil seleksi akan diumumkan pada Senin, 31 Mei 2021. Foto/Dok/Kemenag
JAKARTA - Seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) sudah selesai digelar. Selanjutnya, hasil seleksi akan diumumkan pada Senin, 31 Mei 2021."Seleksi tahap I dan II PBSB sudah selesai. Insya Allah, pengumuman disampaikan 31 Mei 2021," terang Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Waryono Abdul Ghafur saat menggelar Rapat Koordinasi Penentuan Kelulusan PBSB tahun 2021, seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin (31/5/2021).

Rapat ini berlangsung tiga hari, 27-29 Mei 2021. Hadir, perwakilan Perguruan Tinggi mitra PBSB, CSSMoRA selaku wadah berkumpul Mahasantri PBSB, serta stakeholder lain yang terlibat dalam pengelolaan PBSB.

Baca juga: Ini Enam IAIN yang Bertransformasi Jadi Universitas Islam Negeri, Cek di Sini

"PBSB merupakan salah satu bentuk afirmasi Kemenag terhadap kalangan pesantren tersebut, terutama pada santri berprestasi," ujar Waryono.

Disampaikan Waryono, selain penguasaan materi ujian, ada beberapa yang menjadi penilaian bagi kelulusan calon Mahasantri PBSB. Misalnya, kemampuan membaca dan memahami kitab kuning, serta wawasan kebangsaan dan ke-Indonesia-an.

"Desain lulusan Program Beasiswa Santri Berprestasi adalah Bagaimana lulusan PBSB bisa mengenalkan pesantren yang memiliki reputasi baik. Lulusan PBSB juga nantinya diharapkan dapat memberi kontribusi signifikan bagi bangsa dan negara, terutama juga bagi pesantren," terang Waryono.



Baca juga: Ini 10 Madrasah Aliyah Terbaik di Indonesia Berdasarkan Nilai UTBK 2020

"Mahasiswa PBSB harus punya mimpi untuk Indonesia. Mereka yang kuliah di (jurusan) ekonomi, harus ikut memikirkan bagaimana wajah ekonomi 25 tahun kedepan. Mereka yang belajar agama, bagaimana wajah kehidupan beragama ke depan. Sehingga, publik tahu bahwa ada pemikiran orisinal para santri dalam menatap masa depan bangsanya," sambungnya.

Kepala Subdirektorat Pendidikan Pesantren, Basnang Said, menambahkan, ada 4.614 pendaftar seleksi PBSB 2021. Dari jumlah itu, dilakukan seleksi tahap pertama hingga diperoleh 516 santri yang dinyatakan lulus. Mereka inilah yang mengikuti seleksi tahap kedua.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!