Lagi, Mahasiswa UI Raih Juara Kompetisi Keilmuan Teknik Industri se-Asia

Sabtu, 05 Juni 2021 - 19:18 WIB
loading...
Lagi, Mahasiswa UI Raih Juara Kompetisi Keilmuan Teknik Industri se-Asia
Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Tiga mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meraih juara kedua pada ajang Industrial Challenge 2021 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Ketiga mahasiswa yang tergabung dalam tim The Three Musketeers tersebut berasal dari Departemen Teknik Industri FTUI angkatan 2018, yaitu Waskitha Tri Budiono, Daffa Alif Pratama, dan Ahmed Zaidan.



Industrial Challenge (Inchall) 2021 merupakan lomba keilmuan teknik industri tingkat Asia berupa penyelesaian masalah ide bisnis dengan menggunakan studi kasus berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia.

Tahun ini merupakan pertama kalinya Inchall diselenggarakan sepenuhnya secara virtual dan diikuti oleh 122 tim. Pada babak final, lima tim finalis diminta untuk memberikan solusi terbaik atas sebuah kasus bisnis dan harus disampaikan dalam waktu 6 (enam) jam sejak kasus diberikan.

Tim tersebut menampilkan presentasi berjudul “Mempertahankan Pangsa Pasar Dari GoFood Sebagai Kontribusi Terbesar Gross Merchandise Value (GMV) Gojek.”



Dalam pemaparannya, The Three Musketeers menawarkan lima solusi dengan memfokuskan pada Digital Customer Experience untuk pengguna GoFood sebagai fokus utama dan pengguna GoRide sebagai penunjang.

“GoFood merupakan penyumbang GMV yang signifikan bagi Gojek dan diprediksi akan terus seperti itu hingga masa yang akan datang. Meskipun demikian, saat ini, total pasar pesan-antar makanan online di Indonesia baru merambah 1,3% dari total potensi pasar,” ujar Waskitha melalui siaran pers, Jumat (4/6).

Ketua Tim Three Musketeers Ahmed Zaidan menjelaskan, solusi yang ditawarkan timnya di final adalah meningkatkan user-generated content dalam aplikasi Gojek dan menerapkan prinsip Jacob Nielsen's Usability Heuristic sebagai panduan perbaikan desain user interface. Mereka juga menekankan keterkaitan pengalaman pelanggan GoFood dan GoRide sehingga solusi bisa diterapkan pada beberapa layanan sekaligus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5541 seconds (0.1#10.140)