Tips dan Trik untuk Ambil Kuliah D3

Sabtu, 19 Juni 2021 - 03:08 WIB
loading...
Tips dan Trik untuk Ambil Kuliah D3
Kuliah D3 akan memberikan ilmu dan keahlian yang dibutuhkan masyarakat dan dunia kerja dan industri. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Selain mengambil jenjang S1 atau D4 bagi lulusan SMA dan sederajat ada jalur D3 yang bisa dipertimbangkan untuk menempuh pendidikan tinggi.

Kuliah D3 akan memberikan ilmu dan keahlian yang dibutuhkan masyarakat dan dunia kerja dan industri . Namun, bagaimana memilih program D3 yang baik, simak tips dan triknya di bawah ini.



Dikutip dari instagram Direktorat Dikti dan Vokasi dan Profesi di @diktivokasi, Kamis (17/6), membeberkan 4 tips dan trik tersebut:

1. Koneksi
Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah koneksi kuliah pilihan dengan perusahaan-perusahaan atau lembaga tertentu.
Hal ini penting diperhatikan agar dapat menjamin dapatnya prospek kerja setelah lulus, maka koneksi yang ada akan memudahkan untuk mendapat pekerjaan.
Biasanya banyak kuliah yang bekerjasama dengan perusahaan atau lembaga tertentu sehingga mereka diharuskan untuk menerima lulusan dari kuliah itu.



2. Program D3
Memilih program D3 sama pentingnya dalam memilih program studi di S1. Apalagi D3 itu memang dikhususkan untuk mempersiapkan lulusan di dunia pekerjaan.
Tapi program D3 yang bagus itu seperti apa? Program D3 yang bagus biasanya memiliki kurikulum yang lebih singkat dibandingkan S1 yaitu sekitar 3 tahun lamanya, program D3 juga harusnya lebih mengarah ke praktek nyata dibanding teori saja.

3. Permintaan Dari Masyarakat
Tidak sembarang program kuliah D3 bisa dipilih karena bisa saja program yang dipilihsedang tidak dibutuhkan oleh masyarakat sehingga lapangan pekerjaan menjadi sedikit.
Nah karena kamu pastinya ingin segera mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah nantinya, maka ada baiknya melihat kondisi masyarakat terlebih dulu.
Cari tahu masalah apa yang sedang mereka hadapi baik melalui media sosial atau melihat lowongan kerja yang dibuka perusahaan-perusahaan.
Kalau masih bingung, ada beberapa jurusan yang lulusannya sedang banyak dicari saat ini seperti teknik mesin, akuntansi, broadcasting, perpajakan, sekretaris dan pariwisata.

4. Lulusan D3
Setelah tahu prospek kerja apa yang membutuhkan orang lulusan kuliah D3, maka agar memastikan mengambil D3 yang tepat maka perlu dilihat lulusan dari kuliah D3 itu sendiri.
Perlu dilihat kembali apakah lulusan dari kuliah D3 itu mendapatkan prospek kerja yang sesuai dengan jurusan mereka atau tidak dan apakah banyak yang mendapatkan pekerjaan atau saat ini mereka sedang menganggur.
Dengan ini kamu tidak akan menghabiskan waktu selama di kuliah untuk hal yang sia-sia.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6273 seconds (0.1#10.140)