Ornamen Header
Animo Pendaftar UNEJ pada SBMPTN 2021 Naik 36 Persen
Animo Pendaftar UNEJ pada SBMPTN 2021 Naik 36 Persen
Jumlah peserta SBMPTN 2021 yang memilih Universitas Jember (Unej) mengalami peningkatan sebanyak 36 persen. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Jumlah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 yang memilih Universitas Jember (Unej) mengalami peningkatan sebanyak 36 persen. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor I Universitas Jember bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Slamin di Kampus Tegalboto.

Tahun ini, jumlah pendaftar yang memilih Universitas Jember sebagai pilihan pertama ataupun ke dua ada sebanyak 33.428 peserta. “Tahun lalu peserta yang mendaftar di SBMPTN dan memilih Universitas Jember hanya 24.585. Artinya jika dibanding dengan tahun lalu animo yang mau masuk ke Universitas Jember tahun 2021 ini mengalami peningkatan sebanyak 8.843 peserta,” ujar Wakil Rektor I Universitas Jember seperti dilansir dari laman resmi Unej, Selasa (22/6/2021).

Baca juga: Beasiswa Jabar Future Leader Scholarship Dibuka, Ini Ketentuan Pendaftarannya

Menurut Prof Slamin, dari total seluruh peserta yang memilih Universitas Jember itu, hanya 3.834 peserta yang dinyatakan lolos seabagai calon mahasiswa baru Universitas Jember melalui jalur SBMPTN 2021. Jumlah calon mahasiswa baru sebanyak 3.834 orang tersebut menjadikan Universitas Jember sebagai PTN nomor delapan di Indonesia yang paling banyak menerima mahasiswa baru dari jalur SBMPTN 2021.

“Setelah itu, bagi calon mahasiswa baru yang sudah dinyatakan lolos wajib melakukan verifikasi data dan berkas pada 16 Juni hingga 25 Juni 2021. Kemudian dilanjutkan dengan proses registrasi online pada 1 sampai 9 Juli 2021,” lanjut Slamin.

Guru Besar Teori Graph ini menambahkan, dari banyaknya jumlah peserta yang dinyatakan lolos di Universitas Jember melalui jalur SBMPTN ini, sebanyak 1469 merupakan peserta penerima program Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K). Mereka berhasil bersaing dengan puluhan ribu peserta dengan tingkat persaingan yang ketat.



Baca juga: Segera Daftar, KIP Kuliah Bisa untuk Daftar Seleksi Mandiri di PTS

“Secara umum tingkat kompetisi masuk Universitas Jember melalui SBMPTN 2021 ini cukup ketat. Dimana untuk rumpun Sains Teknologi berkisar di angka 1 banding 9 dan untuk rumpun Sosial Humaniora di posisi 1 banding 8,” jelasnya.

Guru besar kelahiran Madura ini menjelaskan, data program studi yang paling banyak diminati oleh siswa di Universitas Jember di jalur SNMPTN. Untuk rumpun Sains Teknologi, posisi pertama ditempati Program Studi Pendidikan Dokter dengan jumlah pendaftar sebanyak 2.467 peserta.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!