Konsep Mobil Listrik UGM Jawara Desain Mobil PLN ICE 2021

Jum'at, 25 Juni 2021 - 20:38 WIB
loading...
Konsep Mobil Listrik UGM Jawara Desain Mobil PLN ICE 2021
Tim mobil listrik Arjuna UGM Juara 1 Desain Mobil PLN ICE 2021. Foto/tangkapan layar laman UGM
A A A
JAKARTA - Tim Arjuna Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menyabet Juara 1 Desain Mobil dalam kompetisi PLN Innovation & Competition in Electricity (ICE) 2021.

Ketua Departemen Mekanis Tim Arjuna Zaky Fadlurrahman, menyampaikan dalam keikutsertaan perdananya di ajang PLN ICE 2021 tim Arjuna UGM sukses meraih predikat juara satu pada kategori Electric Vehicle Design & Prototype Competition. Kompetisi diikuti oleh 45 tim dari berbagai di kalangan mahasiswa seluruh Indonesia dari jenjang D3 hingga S2.



“Kami mengusung konsep mobil listrik yang diberi nama “DARUNA” yang merupakan singkatan dari “ Dari Arjuna Untuk Indonesia,” katanya dilansir dari laman resmi UGM di ugm.ac.id, Jumat (25/6).

Zaky mengatakan kompetisi yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) ini bertujuan mendorong mahasiswa untuk mulai berinovasi dalam mengembangkan riset teknologi mobil listrik yang ramah lingkungan.

Dalam kompetisi yang terdiri dari tiga kategori yaitu Electric Vehicle Design & Prototype Competition, Electronic & Electric Appliance Design & Prototype Competition, dan Business & Community Development Proposal Competition.



Ia menjelaskan tujuan awal keikutsertaan tim Arjuna dalam PLN ICE 2021 untuk menguji dan mengasah kemampuan serta pengetahuan tim dalam aspek teknologi mobil listrik serta sistem pengembangan bisnis yang baik. Berkat kerja keras dan dedikasi tim yang terus berkomitmen melakukan pengembangan dan inovasi riset mobil listrik bisa mencapai hasil terbaik di tingkat nasional.

Tim Arjuna UGM merupakan tim mobil listrik yang setiap tahunnya aktif mengikuti kompetisi Formula Society Automotive Engineer (FSAE) Japan yang diselenggarakan di Prefektur Shizuoka. Namun, wabah pandemi Covid-19 menyebabkan kompetisi FSAE tahun ini menjadi terbatas hanya diperuntukkan bagi peserta skala nasional di Jepang.

Sementara itu, Ketua Tim Arjuna UGM Generasi 9, Inherenta Muhammad Amarutsli, mengatakan bahwa tim Arjuna memiliki visi untuk menjadi salah satu tim Formula Student terbaik di Asia Tenggara bahkan dunia. Karenanya, tim Arjuna UGM akan terus melakukan kerja-kerja inovatif dan aktif dalam setiap perlombaan berbasis riset.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)