Berbasis IoT, Mahasiswa ITS Desain Troli Supermarket untuk New Normal

Senin, 28 Juni 2021 - 19:14 WIB
loading...
Berbasis IoT, Mahasiswa ITS Desain Troli Supermarket untuk New Normal
Berbagai macam fitur dan komponen pendukung I-Trolley gagasan mahasiswa ITS. Foto/Dok ITS
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Departemen Desain Produk (Despro) Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Muhammad Rumi Latif Abdullah mendesain keranjang dorong atau troli belanja untuk pasar swalayan atau supermarket yang aman digunakan di masa pandemi Covid-19 ini.

Desain inovatif yang diusung oleh mahasiswa yang akrab disapa Rumi ini bermula dari fenomena di supermarket yang makin ramai di masa pandemi. Hal ini dikarenakan supermarket sebagai salah satu tempat yang menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari.



Namun, kebanyakan supermarket tidak memperhatikan interaksi fisik yang terjadi di dalamnya. Troli adalah salah satu penyebar pasif utama untuk virus dalam kegiatan di supermarket.

Rumi mengatakan, dalam kondisi new normal (normal baru) sekarang, pihak supermarket perlu mempertimbangkan solusi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Dari situlah, Rumi menggagas sebuah troli yang memiliki potensi lebih untuk membuat sistem belanja yang aman dan baik di masa pandemi ini. “Karena troli yang ada sekarang masih hanya terbatas sebagai produk pengangkut barang,” ujarnya melalui siaran pers, Senin (28/6).



Menurut Rumi, desain I-Trolley yang dirancangnya ini nantinya dalam kondisi nyata dapat berjalan mengikuti pengguna tanpa adanya kontak fisik. Sehingga disedikan beberapa fitur pendukung untuk memudahkan pengguna mulai dari Internet of Things (IoT) integration system, interchangeable bucket dan stackable.

“Fitur ini yang menjadikan I-Trolley bukan hanya sebagai produk fisik, melainkan sebuah sistem produk,” imbuhnya.

Mahasiswa kelahiran Nganjuk ini mengungkapkan, sistem kerja dari I-Trolley inilah yang menjadi kunci utama keunggulan dan pembeda dari inovasi lain. I-Trolley ini dirancang dengan berbasiskan IoT pada ruang yang terbatas yakni supermarket.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2378 seconds (0.1#10.140)