Kontingen UI Borong 7 Medali di Kejuaraan Virtual Taekwondo Papua Open

Senin, 28 Juni 2021 - 18:45 WIB
loading...
Kontingen UI Borong 7 Medali di Kejuaraan Virtual Taekwondo Papua Open
Kontingen mahasiswa UI borong 7 medali di Kejuaraan Virtual Taekwondo E-Poomsae & Speed Kicking Papua Open 2021. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Kontingen Universitas Indonesia (UI) yang diwakili Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo berhasil memboyong 2 emas, 3 perak, dan 2 perunggu pada Kejuaraan Nasional Virtual Taekwondo E-Poomsae & Speed Kicking Papua Open 2021.

7 mahasiswa UI yang berhasil memperoleh medali adalah Muhaimin Abdillah (Fakultas Psikologi 2019) peraih medali emas, Fadiyah (Fakultas Kedokteran 2020) peraih medali emas dan Rifqi Nurfahan (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UI 2019) peraih medali perak.

Baca juga: Lambungkan Nama Indonesia, PENS Juarai 4 Kompetisi Bergengsi Tingkat Dunia

Selanjutnya ada Muhammad Nurfaizi Penanggunggan (Fakultas Hukum 2019) peraih medali perak, Naufal (Fakultas Teknik 2020) peraih medali perak, Yasmin (Fakultas Kedokteran 2019) peraih medali perunggu, dan Bagas (Alumni Fakultas Teknik 2015) peraih medali perunggu.

Kejuaraan Nasional Virtual Taekwondo E-Poomsae & Speed Kicking Papua Open 2021 adalah kompetisi olahraga yang diselenggarakan oleh FAD Taekwondo Center Papua bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Kejuaraan ini merupakan upaya membangkitkan kembali atmosfer olahraga di Indonesia, khususnya pada Taekwondo. 1.367 atlet yang berasal dari 107 unit dojang (tempat latihan atau klub) dari 26 provinsi di seluruh Indonesia, mengikuti kejuaraan yang ditayangkan secara live pada akun resmi Youtube Papua Open Offical.

Baca juga: Ketat, Peluang Peserta KIP Kuliah dan Reguler Sama di Seleksi Jalur Mandiri

Direktur Kemahasiswaan UI Dr. Tito Latif Indra mengapreasi prestasi yang diraih oleh UKM Taekwondo UI. Menurutnya prestasi ini merupakan gelar yang sangat penting diraih dalam masa pandemi Covid-19, dan menjadi pemicu bagi perolehan medali-medali berikutnya dalam UKM lain di Universitas Indonesia.

Ketua Umum UMK Taekwondo UI Rifqi Nurfahan menjelaskan, setiap atlet diminta membuat video sesuai kategori perlombaan yang diikuti, lalu mereka mengirimkan video tersebut ke panitia pada rentang waktu 8-15 Mei 2021 dan kemudian ditayangkan pada Youtube Papua Open Official pada 29-31 Mei 2021.

Pada saat penayangan, tim wasit akan melakukan penilaian dan pemenang akan langsung diumumkan setelah penayangan setiap kategori selesai dilakukan. Pada kejuaraan ini terdapat dua kategori, yaitu kategori Poomsae (seni gerak dalam taekwondo) dan kategori Speed Kicking.

“Tantangan yang harus saya dan tim Taekwondo UI lewati dalam mengikuti kompetisi ini, salah satunya yaitu waktu latihan untuk mengikuti kejuaraan yang dilaksanakan saat bulan Ramadhan,” ujarnya.

Menurutnya, ia dan tim harus pandai mengatur waktu dan menjaga stamina. Kendati demikian, Rifqi merasa bersyukur karena tantangan tersebut dapat diatasi sehingga ia dan rekan-rekannya tim Taekwondo UI berhasil menyumbang 7 medali dalam kejuaraan ini.

“Harapan untuk saya pribadi semoga bisa konsisten di bidang yang saya tekuni yaitu taekwondo. Lalu, harapan untuk sivitas akademika UI lainnya, semoga kita bisa aktif berkontribusi mengharumkan nama UI apapun bidangnya yang penting kita bisa terus adaptasi meski masih pandemi,” pungkasnya.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2828 seconds (11.252#12.26)