UIN Jakarta Beri Beasiswa untuk 40 Mahasiswa Baru Prodi Dirasat Islamiyah

Selasa, 29 Juni 2021 - 19:33 WIB
loading...
UIN Jakarta Beri Beasiswa untuk 40 Mahasiswa Baru Prodi Dirasat Islamiyah
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta) Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun akademik 2021/2022 ini menawarkan beasiswa belajar secara penuh kepada 40 mahasiswa baru. Kuota beasiswa diberikan bagi calon mahasiswa yang memilih Program Studi Dirasat Islamiyah.

“ Beasiswanya full , selama delapan semester,” jelas Wakil Dekan Bidang Akademik FDI Yuli Yasin dilansir dari laman resmi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di uinjkt.ac.id, Selasa (29/6).



Yuli mengatakan, untuk mendapatkan beasiswa kuliah di FDI, syarat utama calon peserta harus mendaftar di jalur Ujian Mandiri (UM) dan memilih Prodi Dirasat Islamiyah. Jika dinyatakan lulus, peserta secara otomatis akan mendapatkan beasiswa tersebut.

“Ijazah sekolahnya berlaku bagi siswa yang lulus dalam tiga tahun terakhir,” imbuhnya.

Selain syarat-syarat tersebut, menurut Yuli, calon peserta juga harus memiliki kemampuan berbahasa Arab, memiliki kemampuan dasar keislaman, dan mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.



Calon peserta juga harus memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 1 juz. Kemudian, setelah lulus dan menjadi mahasiswa, ia harus bersedia menghafal al-Qur’an sebanyak delapan juz selama masa studi.

“Ketentuannya, dalam satu semester mahasiswa harus hafal 1 juz,” jelas doktor lulusan Universitas Kairo, Mesir, tahun 2015 tersebut.

Yuli menambahkan, masa pendaftaran untuk beasiswa di FDI dimulai pada 10 Juni hingga 16 Juli 2021. Seleksi dilakukan pada 1-19 Juli 2021 dan pengumuman hasil kelulusan pada 26 Juli 2021.

FDI merupakan satu-satunya fakultas di UIN Jakarta yang menerapkan sistem pengajaran dengan bahasa Arab secara penuh, baik dalam pengantar perkuliahan maupun sumber-sumber ajarnya. Fakultas ini berdiri sejak 1999 dengan rintisan awal bekerja sama dengan Universitas Al Azhar Kairo.

FDI membuka satu program studi S1 dan program studi S2 bidang Dirasat Islamiyah (Islamic Studies). Jumlah mahasiswanya (S1 dan S2) kini mencapai lebih dari 600 orang yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, seperti pesantren, madrasah, dan sekolah umum. Lulusan FDI tersebar di berbagai lapangan profesi, baik di dalam maupun di luar negeri.

Tahun akademik 2021/2021 ini FDI menerima mahasiswa baru sebanyak 160 orang. Mereka dijaring melalui tiga jalur seleksi, yakni SPAN PTKIN, UM-PTKIN, dan Ujian Mandiri. “Fakultas ini bertujuan untuk mencetak ulama, dai, cendekiawan, dan profesional muslim di era digital,” ujar Yuli.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)