Wisuda Daring, i3L Komitmen Kembangkan Potensi Digital

Kamis, 01 Juli 2021 - 16:00 WIB
loading...
Wisuda Daring, i3L Komitmen Kembangkan Potensi Digital
Meski pandemi, International Institute for Life Sciences berhasil mengadakan wisuda program Sarjana dan Magister Indonesia. Foto/Dok/i3l
A A A
JAKARTA - Meski pandemi, International Institute for Life Sciences berhasil mengadakan wisuda program Sarjana dan Magister Indonesia. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya prosesi wisuda ketiga yang diadakan oleh i3L yang saat ini dijalankan menggunakan virtual dengan menghadirkan anggota senat di Auditorium i3L.

Hal ini bertujuan untuk mengikuti anjuran protokol kesehatan dari pemerintah guna menekan penyebaran pandemic Covid-19 yang terus meningkat. Pembukaan upacara wisuda ini ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali yang dilakukan oleh Rektor i3L, Iwan Surjawan.



Wakil Rektor I i3L Amadeus Yeremia Pribowo dalam sambutannya, menyampaikan penghargaan tri darma i3L. “i3L mendapatkan peningkatan akreditasi pada tahun 2021 ini yang pada awalnya mendapatkan kategori baik menjadi sangat baik,” kata Amadeus Yeremia dalam sambutannya, Kamis (1/7/2021).

Selain itu, Amadeus juga menjelaskan mengenai persiapan i3L pihaknya mengantisipasi, mempersiapkan, dan juga mengimplementasikan rencana dalam menghadapi pandemic. Salah satu antisipasi dilakukan adalah, pada Februari 2020 i3L telah membuat Covid-19 mini symposium dengan mengundang Prof. Amin Soebandrio dan juga Fakultas-fakultas di i3L mengenai pemahaman tentang Covid-19 dan juga apa saja yang perlu disiapkan ketika Indonesia harus menghadapi pandemi.

Selain itu, i3L juga turut berkolaborasi dengan Kalbis Institute dalam pembuatan Sentra Vaksin sebagai upaya pembentukan herd immunity untuk para mahasiswa dan juga masyarakat. Universitas yang berada telah di Jakarta ini, telah berhasil mengubah proses pembelajaran yang awalnya bersifat offline menjadi online dibantu dengan teknologi serta fasilitas yang ada.



“Dalam pandemic ini kita juga mengambil kesempatan unuk meningkatkan kolaborasi dengan institusi luar negeri, salah satunya Dosen Bio Teknologi i3L berkesempatan untuk menjadi Dosen tamu di UCSI Malyasia. Kita juga mengundang Dosen Tamu dari Univerisy of Kentucky, Amerika Serikat," tambahnya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, Agus Setyo Budi, menyatakan saat ini tiap orang harus memiliki kemampuan digital sebagai kompetensi utama. Terlebih di saat pandemi mempercepat transformasi teknologi agar perguruan tinggi mengadapatasi pembelajaran online.

“Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III juga serta merta membantu dalam akselerasi transformasi digital melalui program Kampus Merdeka, dimana pelajar diizinkan untuk mendapatkan mata kuliah di luar jurusan mereka, hal ini dapat meningkatkan pengetahuan digital para pelajar, ungkapnya.”

Ia menambahkan pada tahun 2045 Indonesia akan semakin berkembang maka dari itu institusi Pendidikan perlu adaptasi dan transformasi dalam sektor pendidikan. “Sektor pendidikan tinggi adalah tempat untuk berinovasi dan mengembangkan ilmu pengetahuan,” tambahnya.

Prosesi wisuda i3L diikuti 94 wisudawan, terdiri dari jurusan Master in Bio Management, Bio Entrepreneuship, Bio Medicine, Bio Technology, Bio Informatics, Food Science and Nutrition, Food Technology.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2002 seconds (0.1#10.140)