Keren, Mahasiswa UI Harumkan Nama Bangsa di Kompetisi Kapal Internasional

Rabu, 07 Juli 2021 - 16:37 WIB
loading...
Keren, Mahasiswa UI Harumkan Nama Bangsa di Kompetisi Kapal Internasional
Tim Autonomous Marine Vehicle (AMV) UI kembali menyumbang prestasi di kancah internasional bagi almamater dan Indonesia. Foto/Dok/UI
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim Autonomous Marine Vehicle (AMV) UI kembali menyumbang prestasi di kancah internasional bagi almamater dan Indonesia.

Tim beranggotakan 26 mahasiswa dari berbagai program studi lintas fakultas di UI mendesain kapal bernama MAKARA MH4 XX. Kapal tersebut berhasil meraih Juara 3 dalam Kategori Skills Video: Sensor Optimization di ajang 14th International RoboBoat Competition 2021.



RoboNation adalah sebuah lembaga yang berfokus pada pengembangan teknologi robotik yang berbasis di Florida, Amerika Serikat. Valerie Olive menjelaskan, kapal MAKARA MH4 XX yang memenangkan kompetisi tersebut, didesain menggunakan konsep Hydrofoil Supported Catamaran (HYSUCAT).

Prinsip dasar HYSUCAT adalah memanfaatkan sistem hidrofoil berkinerja tinggi di terowongan antara 2 lambung. Sistem hidrofoil terdiri dari foil utama yang ditempatkan di antara dan sejajar dengan bagian bawah lambung, sedikit ke arah pusat gravitasi kapal.

Tim dibawah bimbingan Dr. Muhammad Arif Budiyanto, S.T., M.T., dosen departemen Teknik Mesin FT UI ini, memilih konsep desain HYSUCAT karena beberapa keunggulan antara lain jauh lebih komprehensif daripada katamaran atau monohull berukuran sebanding, terutama saat muatan berat dan pada kecepatan tinggi.



Performa Autonomous Surface Vehicle (ASV) atau kapal permukaan otonom, sangat penting untuk kompetisi, terutama pada tugas misi gerbang kecepatan. RoboBoat bertujuan untuk memberikan versi sederhana dari tantangan yang dihadapi dalam industri maritim dunia modern.

Kategori Skills Video yang diikuti MAKARA MH4 XX ditujukan untuk menyorot bagaimana kapal autonomous memiliki berbagai macam sensor masukan, dapat mengintegrasikan seluruh sensor tersebut agar kapal menjalankan misinya secara cepat dan tepat.

Integrasi ini diekspresikan dalam bentuk skills video yang dikumpulkan dan kemudian dipublikasikan pada kanal YouTube RoboBoat. Kompetisi digelar daring pada 29 Maret-27 Juni 2021, dan pengumuman pada Senin, 28/6, pukul 24.00 melalui zoom meeting.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)