Mahasiswa ITS Rancang Aplikasi untuk Optimalkan Belajar dari Rumah

Kamis, 08 Juli 2021 - 23:43 WIB
loading...
Mahasiswa ITS Rancang Aplikasi untuk Optimalkan Belajar dari Rumah
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menimbang urgensi ketersediaan platform yang memfasilitasi pendampingan proses pembelajaran siswa SD, mahasiswa statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengembangkan inovasi berbasis aplikasi, SAPIENS.

Ide karya yang diberi nama SAPIENS: Self Learning Application for Elementary Student Based on Artificial Intelligence Approach to Improve Indonesia’s Education ini besutan adalah Akhmad Miftakhul Ilmi, Andrea Ernest, Aulia Kharis Rakhmasari, Dede Yusuf P Kuntaritas, dan Zulfani Alfasanah.



Kelimanya merancang suatu aplikasi untuk membantu setiap siswa SD melakukan pembelajaran mandiri berdasarkan learning path yang sesuai. Selanjutnya, mereka akan diberikan pendampingan yang tepat oleh relawan dan orang tua atau wali.

“Setiap siswa SD nantinya akan mendapatkan metode belajar yang disesuaikan dengan karakternya masing-masing,” ungkap Ketua Tim Akhmad Miftakhul Ilmi melalui siaran pers, Kamis (8/7).

Pemuda yang kerap disapa Miftah ini menjelaskan, setiap perbedaan pada karakteristik siswa akan melahirkan metode sekaligus kecepatan pembelajaran yang beragam pula. Untuk dapat melakukan penyesuaian dengan lebih tepat, akan dilakukan tes tahap awal. “Siswa akan dikelompokkan dalam suatu kategori tertentu, yang sesuai dengan treatment belajar yang paling cocok,” paparnya.



Usai proses log in, aplikasi akan menyajikan roadmap sebagai pemandu aktivitas yang akan dilakukan siswa di dalam aplikasi. Roadmap tersebut berisi Assessment yaitu tes awal yang harus diselesaikan siswa untuk mengetahui kemampuan dalam belajar dan memahami materi.

Dilanjutkan Learning Path, halaman yang menampilkan statistik hasil assessment. Diungkapkan lebih dalam oleh Miftah, terdapat fitur Schedule yang dapat dimanfaatkan oleh guru atau wali kelas untuk memasukkan daftar pelajaran siswa selama satu minggu hingga jadwal ujian.

Memanfaatkan fitur ini, aplikasi dapat menentukan waktu, materi pembelajaran mandiri, dan intensitas belajar siswa yang sesuai. Selain itu, terdapat fitur Inspiration yang berisi artikel-artikel inspiratif yang dapat diakses.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)