Ini Tips Jaga Kesehatan Mata di Era Pandemi dari Dokter Spesialis Mata Unair

Senin, 12 Juli 2021 - 18:13 WIB
loading...
Ini Tips Jaga Kesehatan Mata di Era Pandemi dari Dokter Spesialis Mata Unair
Seorang siswa Sekolah Dasar Al Azhar Depok, Yusuf Arkananta Purwadi tengah mengikuti pembelajaran jarak jauh, Senin (12/7/2021)
A A A
JAKARTA - Dokter spesialis mata Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA), dr. Mohamad Nurdin Zuhri, Sp.M., menyebutkan, menjaga kesehatan mata sangat diperlukan pada masa pandemi ini. Sebab banyak pasien di era pandemi ini mengalami kelelahan mata mata kering, maupun kelainan refraksi (kabur pada penglihatan,red).

“Biasanya yang paling banyak di klinik itu banyak orang tua yang membawa anaknya dengan keluhan anak yang mengalami kabur penglihatan atau mata lelah, setelah diperiksa, kita diagnosis terkena miopi atau astigmatisma ” ungkap Nurdin dilansir dari laman resmi Unair di unair.ac.id, Sabtu (10/7).



Mengatur Jarak Penggunaan saat Menatap Layar

Menurut Nurdin, penyebab mata lelah di era daring adalah durasi kerja jarak dekat yang cukup lama. Ketika melihat dengan jarak dekat, mata akan mengalami penyesuaian untuk menerima bayangan yang jelas dari objek yang dilihat, maka otot pada mata akan mengalami kontraksi sehingga menyebabkan kelelahan pada mata.

“Jika kita melihat dengan jarak dekat maka otot mata akan lebih berkontraksi. Ibarat kita mengangkat benda berat, beberapa menit mungkin kita kuat, akan tetapi kalau sudah berjam-jam akan membuat kita lelah,” katanya.

Alumni pendidikan spesialis mata Fakultas Kedokteran Unair ini menjelaskan, mengatur jarak saat menggunakan gawai adalah salah satu hal penting. Postur tubuh berpengaruh pada jarak ideal penggunaan gawai, biasanya yang paling umum adalah dengan jarak satu lengan atau sekitar 30-40 cm.



“Jarak yang baik antara mata dengan gawai itu tergantung postur tubuh sebenarnya, karena postur tubuh setiap orang pasti berbeda,” tuturnya.

Menggunakan Gawai dengan Layar yang Lebar
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2137 seconds (0.1#10.140)