Usung Konsep Languangepreneur, Sandiaga Apresiasi Pendidikan STBA LIA Jakarta

Minggu, 01 Agustus 2021 - 19:50 WIB
loading...
Usung Konsep Languangepreneur, Sandiaga Apresiasi Pendidikan STBA LIA Jakarta
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi STBA LIA Jakarta yang mengusung konsep Languangepreneur dalam pendidikannya. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA Jakarta yang ikut dalam mencerdaskan anak bangsa dengan mengusung konsep Languangepreneur dalam pendidikannya.

Hal itu diungkap Sandiaga dalam Seminar Nasional Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA) LIA Jakarta bertajuk “Pentingnya Bahasa Asing di Dunia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” yang digelar secara virtual pada Minggu (1/8/2021). Selain Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, kata dia, hadir pula Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, Agus Setyo Budi, serta Ketua Pembina Yayasan LIA, Letjen TNI (Purn) HBL Mantiri.

Menurut Sandi, lembaga pendidikan yang berdiri sejak 1999 telah membuka peluang usaha bagi setiap anak didiknya, khususnya dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf). Sandi berharap STBA LIA Jakarta dapat berinovasi mencetak SDM yang berkompeten dalam berbahasa asing dengan memperhatikan perkembangan tren dan teknologi. "Saya berharap Sekolah Tinggi Bahasa Asing LIA Jakarta terus berinovasi dalam meningkatkan SDM yang terampil dan kompeten berbahasa asing, baik yang akan terjun ke dunia parekraf maupun bidang lainnya," ujarnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga berharap agar seminar virtual ini dapat memberikan inspirasi kepada seluruh pihak untuk tetap semangat dan terus berkarya, terutama akan pentingnya bahasa asing di dunia pariwisata dan ekonomi kreatif. "Semoga apa yang kita cita-citakan bersama dapat terwujud demi kesejahteraan, kemajuan bangsa dan negara Indonesia," tutupnya.

Ketua STBA LIA Jakarta, Siti Yulidhar mengatakan, konsep languagepreneur merujuk relasi antara kemampuan berbahasa dan potensi penciptaan peluang usaha. Konsep tersebut dijelaskan Siti Yulidhar secara langsung berimplikasi pada kebutuhan kurikulum serta pendekatan pembelajaran baru yang dapat memfasilitasi terbentuknya SDM yang mumpuni. "Kita telah menyaksikan bagaimana semangat membangun kewirausahaan berbasis bahasa atau languagepreneur menunjukkan peningkatan yang signifikan," katanya.

Oleh karena itu, dukungan pemerintah dalam bentuk regulasi disampaikannya sangat penting guna mendukung penguatan bahasa asing di dunia pendidikan. "Selaras dengan kewirausahaan berbasis bahasa, penguasaan bahasa asing terbukti sangat berperan dalam mengembangkan pariwisata. Beberapa waktu yang lalu STBA LIA Jakarta memperkenalkan mahasiswa kepada virtual-tourism melalui seminar serupa yang juga menunjukkan betapa eratnya hubungan pariwisata dan bahasa asing," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III, Agus Setyo Budi mengatakan sektor parekraf dengan bahasa asing memiliki keterkaitan yang sangat erat. ”Apalagi mengingat minimnya akses informasi mengenai pariwisata, terutama tentang akomodasi dan transportasi bagi wisatawan asing saat ini,” ucapnya.

Oleh karena itu, STBA LIA Jakarta diharapkannya dapat ikut berkontribusi, khususnya mengenalkan pariwisata Indonesia di mata dunia. "Pariwisata dan ekonomi kreatif memegang peranan paling dalam pemulihan ekonomi. Lewat komunikasi, kita sampaikan destinasi pariwisata kita tidak ada duanya. Bagaimana kita meyakini kan bahwa destinasi di Indonesia adalah tempat yang paling aman, nyaman dan terjangkau dengan kualitas yang tidak kalah dibandingkan dengan destinasi-destinasi luar negeri, bahkan di negara tetangga," jelasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)