Ini 6 Keterampilan yang Sangat Diperlukan di Abad 21

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 11:22 WIB
loading...
Ini 6 Keterampilan yang Sangat Diperlukan di Abad 21
Ditjen Dikti Kemendikbudristek membeberkan 6 keterampilan yang paling dibutuhkan di abad 21. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Abad ke 21 telah menimbulkan banyak perubahan besar dalam tatanan kehidupan bermasyarakat dan juga dunia pendidikan. Pada era ini manusia pun diharuskan untuk memiliki keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman.

Dikutip dari instagram resmi Ditjen Dikti Kemendikbudristek di @ditjen.dikti, Jumat (7/8/2021), Ditjen Dikti membeberkan 6 keterampilan yang paling dibutuhkan di abad 21.

Simak apa saja 6 keterampilan yang dibutuhkan agar bisa beradaptasi di zaman dimana pertumbuhan teknologi dan media informasi berubah kian cepat dibawah ini.

1. Komunikasi
Komunikasi yang baik dapat memudahkan kita dalam berinteraksi dengan orang lain. Komunikasi tersebut dapat diwujudkan melalui tulisan dan lisan

2. Berpikir Kritis
Kemampuan berpikir kritis sangat dibutuhkan di abad ke 21. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah, berpikir kreatif dan masih banyak lagi.

3. Kemampuan Menggunakan Teknologi Digital Abad ke 21
Pada masa pandemi, teknologi menjadi salah satu cara untuk mempermudah aktivitas kita. Oleh karena itu, seiring dengan berkembangnya teknologi kita dituntut untuk dapat menguasainya.

4. Keragaman dan Kerja Sama
Kemampuan dalam berkolaborasi dan berempati terhadap lingkungan sekitar yang sangat beragam

5. Etika dan Tanggung Jawab Profesionalisme
Kemampuan dalam bertindak sesuai etika yang berlaku dan berperilaku profesional

6. Kefasihan dalam Mendapatkan dan Mencerna Informasi
Ini adalah kemampuan dalam mencari informasi dan memahami informasi tersebut secara efektif dan mengunakannya sesuai dengan keperluan.

Itulah 6 keterampilan yang dibutuhkan di abad 21 agar generasi penerus bangsa dapat menjadi generasi unggul dan berdaya saing.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0906 seconds (0.1#10.140)