Mendikbudristek: Kampus Merdeka Bebaskan Mahasiswa dari Batasan Belajar

Senin, 09 Agustus 2021 - 19:34 WIB
loading...
Mendikbudristek: Kampus Merdeka Bebaskan Mahasiswa dari Batasan Belajar
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim. Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) telah meluncurkan program Kampus Merdeka dengan tujuan untuk memberikan kebebasan bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui berbagai program yang didukung kementerian.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Mendikbudristek ) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, melalui program-program Kampus Merdeka Kemendikbudristek berupaya membebaskan mahasiswa Indonesia dari batasan-batasan untuk belajar.



"Sekarang sudah tidak ada batasan dalam hal akademik karena semua program Kampus Merdeka bernilai 20 SKS," kata Nadiem pada Pelepasan Mahasiswa Awardee IISMA Tahun 2021 secara daring, Senin (9/8/2021).

Alumnus Harvard Business School ini menuturkan, Kemendikbudristek telah mendapatkan dukungan pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan bagi semua peserta Kampus Merdeka.

Mantan petinggi Gojek ini menilai, dengan keragaman program Kampus Merdeka yang ditawarkan Kemendikbudristek maka batasan-batasan dalam bidang ilmu dan peminatan bagi mahasiswa pun akan menghilang.

"Oleh karena itu sekarang sudah waktunya adik-adik untuk memerdekakan diri dari hal-hal yang membatasi," imbuhnya.



Sebelumnya, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim melepas 970 mahasiswa dari 98 perguruan tinggi Indonesia untuk belajar selama 1 semester di 59 kampus kelas dunia di 28 negara.

Menurutnya, mahasiswa yang terpilih ini menjadi prestasi yang patut dibanggakan karena mereka sudah terpilih dari 2.551 mahasiswa dari seluruh Indonesia yang sudah mendaftar program IISMA ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)