Rektor UNS Harap RS UNS Juga Berperan dalam Misi Akademik

Selasa, 10 Agustus 2021 - 11:13 WIB
loading...
Rektor UNS Harap RS UNS Juga Berperan dalam Misi Akademik
Rektor UNS Surakarta Prof. Jamal Wiwoho. Foto/UNS
A A A
JAKARTA - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Jamal Wiwoho mengapresiasi perkembangan RS UNS yang meski baru diresmikan pada tahun 2016 namun telah memberikan pelayanan kesehatan yang baik di tengah masyarakat.

Jamal mengatakan, perkembangan RS UNS sangat cepat dan dinamis. Berbekal hanya 50 tempat tidur dan 8 layanan poli spesialis saja di awal tahun 2017, katanya, kini secara bertahap terus mengalami pertumbuhan signfikan setiap tahunnya.



"Hingga Agustus 2021 ini mampu melayani pasien dengan jumlah bed 203 buah dengan 19 layanan spesialis," katanya pada Puncak Ultah RS UNS ke 5 melalui keterangan tertulis, Selasa (10/8/2021).

Jamal menuturkan, keberhasilan ini patut diacungi jempol, karena prestasi tersebut berkat kerja keras, kerja cerdas, dan kegigihan dari seluruh jajaran pimpinan UNS, Direksi RS Sakit UNS beserta seluruh tenaga medis dan staf, termasuk Anggota Dewan Pengawasnya.

Jamal menjelaskan, pada tahun 2020 Menteri Kesehatan juga memberi mandat kepada RS UNS sebagai salah satu laboratorium rujukan pemeriksa Covid -19. RS UNS dipilih dengan melihat prospek dan kemampuan sumberdaya yang dimiliki RS UNS.



Menurutnya, seperti halnya dengan Rumah Sakit yang lain, yang sebelumnya tidak punya pengalaman sama sekali menangani penyakit Covid-19, RS UNS pun ketika itu dituntut harus siap menjadi garda terdepan penanganan Covid-19.

"Saya sangat bangga dan terharu melihat sepak terjang Direksi, Tim Medis dan staf RS UNS, yang pantang lelah dan berjuang dengan prinsip hidup-mati demi misi kemanusiaan. Bahkan sampai harus rela berkorban, meninggalkan keluarganya demi tugas," tuturnya.

Dia menuturkan, sejak diterapkannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) fungsi Rumah Sakit lebih banyak melakukan pengobatan (kuratif) dari pada pencegahan penyakit (preventif). Padahal, katanya, Rumah Sakit merupakan garda terdepan dalam menjaga kesehatan perorangan dan masyarakat, sehingga paradigma Rumah Sakit harus diubah dan mulai bergerak kearah preventif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)