Program 'Merdeka Belajar Kampus Merdeka' Kolaborasi Unpad-ITB Diluncurkan

Rabu, 18 Agustus 2021 - 13:52 WIB
loading...
Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kolaborasi Unpad-ITB Diluncurkan
Unpad-ITB secara resmi meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM Unpad-ITB secara virtual. Foto/tangkapan layar Unpad
A A A
JAKARTA - Bertepatan dengan momentum Hari Kemerdekaan RI, Universitas Padjadjaran (Unpad) bersama Institut Teknologi Bandung (ITB) secara resmi meluncurkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM Unpad-ITB secara virtual. Program kolaborasi ini merupakan upaya Unpad dan ITB untuk memajukan pendidikan tinggi di Indonesia, memberi pengalaman dan kompetensi baru bagi para mahasiswa.

Peluncuran program MBKM Unpad-ITB dilakukan langsung oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dan Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah dari kampus masing-masing. Selain kedua Rektor, acara peluncuran juga turut dihadiri sejumlah pimpinan di lingkungan Unpad dan ITB.



Dalam sambutannya, Rektor Unpad menjelaskan, kolaborasi antar dua perguruan tinggi besar di Indonesia pada intinya memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya. Ada sejumlah kemampuan masa depan yang bisa ditingkatkan melalui program MBKM Unpad-ITB, yaitu kreatif, persuasif, kolaboratif, hingga kecerdasan emosional.

“Saya yakin mahasiswa Unpad dan ITB yang memanfaatkan MBKM akan bisa memperoleh skill itu dan menjadikan kualitas SDM-nya menjadi unggul pada waktu nanti mereka terjun ke masyarakat,” kata Rektor dilansir dari laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Rabu (18/8/2021).

Rektor mengatakan, baik Unpad maupun ITB masing-masing menawarkan mata kuliah unggulan lintas bidang keilmuan. Jika di ITB menawarkan mata kuliah di bidang teknologi dan sains, maka Unpad menawarkan mata kuliah unggulan di antaranya pada bidang sosio humaniora.



Program mata kuliah unggulan yang ditawarkan Unpad dan ITB diyakini bisa saling melengkapi kemampuan mahasiswa.

“Belajar dari pandemi Covid-19, teknologi menjadi suatu kebutuhan. Tetapi, teknologi saja tidak cukup, karena kita harus hidup berdampingan dengan manusia. Teknologi dan manusia adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan,” ujar Rektor.

Guna mewujudkan hal itu, program MBKM Unpad-ITB bisa menawarkan berbagai skema yang menjadi pilihan mahasiswa untuk memenuhi minat mereka dalam melengkapi ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang dipelajari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2077 seconds (0.1#10.140)