Penertiban Tahap 2 Tanpa Hambatan, UIII Siap Gelar Perkuliahan September 2021

Kamis, 19 Agustus 2021 - 21:32 WIB
loading...
Penertiban Tahap 2 Tanpa Hambatan, UIII Siap Gelar Perkuliahan September 2021
Pembangunan Kampus UIII di Depok terus berlanjut dan diharapkan perkuliahan bisa dimulai September 2021. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Penertiban Lahan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) terus berlanjut. Hari ini, Tim Pembebasan Lahan UIII melanjutkan tahap penilaian aset warga yang masih bermukim di antara lahan Barang Milik Negara (BMN) atas nama Kementerian Agama seluas 142 hektare.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Bisnis UIII, Prof Amsal Bachtiar menuturkan, pihaknya mengapresiasi warga yang pada penertiban tahap dua ini telah menyadari dan mau mengikuti mekanisme yang ditetapkan oleh Pemerintah.

"Alhamdulillah pada pembebasan lahan tahap 2 ini relatif tidak begitu berat, karena masyarakat sebagian besar sudah sadar kemudian mau menerima mekanisme yang ditawarkan oleh pemerintah dengan peraturan yang berlaku," ujar Prof Amsal yang hadir di lokasi penertiban, Kamis (19/8/2021).

Baca juga: UIII akan Berikan Beasiswa Penuh pada 100 Mahasiswa S2, Tertarik?

Lebih lanjut Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menjelaskan, pada proses penertiban lahan ini, pihaknya harus memastikan proses dan mekanisme penertiban harus dilakukan dengan hati-hati. Sebab, menyangkut nama baik UIII dan Kementerian Agama.

"Kita tidak bisa main-main dalam hal ini, karena kalau salah sedikit saja bisa hancur-hancuran. Maka dimonitor terus oleh BPK, KPK, Itjen dan sebagainya, belum lagi juga oleh masyarakat. Sehingga salah sedikit saja bisa rusak nama UIII dan Kemenag. Makanya istilahnya dalam hal ini kita melakukannya dengan penuh integritas," ujar Prof Amsal.

Dengan hasil positif tersebut, Prof Amsal optimistis kegiatan akademik dapat berjalan sesuai rencana, di mana kegiatan belajar mengajar akan dimulai September tahun ini. Dikarenakan masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, maka kegiatan belajar mengajar akan dilakukan secara daring. Sebanyak 1.009 orang telah mendaftar. Dari luar negeri sekitar 560 orang dan dalam negeri sekitar 400 orang. Sementara yang diterima hanya 100 orang dengan pemberian beasiswa.

Baca juga: Lantik Wakil Rektor, Dekan dan Pejabat UIII, Ini Harapan Komaruddin Hidayat

"Dosen kita sudah siap ada 30 orang dari berbagai bidang, nah yang dibuka tahun ini ada 4 program studi, pertama islamic studies, kedua economic and business, ketiga education, dan keempat political science, masing-masing sekitar 25 mahasiswa," katanya.

Sebagai informasi, progres pembangunan Kampus UIII telah menyelesaikan 2 Tower, Fakultas A, dan 5 Rumah Profesor/Dosen. Sementara pembangunan Gedung Rektorat kini memasuki progres 50%, perpustakaan 90%, dan masjid 95% dengan target rampung akhir tahun ini. Pembangunannya dimulai sejak akhir 2018 tetapi pelaksanaannya 2019, 2020 dan sampai saat ini.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3415 seconds (0.1#10.140)