Luncurkan Animasi Pancasila, AKKI Sasar Generasi Muda Indonesia

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 22:58 WIB
loading...
Luncurkan Animasi Pancasila, AKKI Sasar Generasi Muda Indonesia
Ratusan anggota pramuka hadiri peluncuran animasi Pengamalan Pancasila di Masa Pandemi Covid-19 buah karya Aku Kamu Kita Indonesia (AKKI) pada Sabtu (21/8). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi peluncuran animasi "Pengamalan Pancasila di Masa Pandemi Covid-19" buah karya Aku Kamu Kita Indonesia (AKKI) yang dilaksanakan pada saat webinar "Nilai-nilai Kebangsaan dan Bakti pada Negeri di Masa Pandemi" pada Sabtu (21/8). Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-76 dan Hari Pramuka ke-60 , diikuti oleh 450 peserta yang mayoritas adalah anggota Pramuka dari berbagai daerah.

Bamsoet didapuk AKKI untuk menjadi keynote speaker webinar. Pembicara lain adalah Neni Rahmawati, M.Pd. (Widyaiswara / Pelatih Pembina Gerakan Pramuka), Ignazio Marco Widodo (Eagle Scout, Scouting BSA Troop 455, Penggagas AKKI), Dr. Prawidya Hariani, RS (Sekretaris Bidang Kerjasama Luar Negeri Kwartir Daerah Sumatera Utara Gerakan Pramuka), dan Effan Audi Khalif (Penggagas AKKI). Moderator adalah M. Iqbal Muchtar, M.Pd.



Bamsoet mengatakan, peluncuran animasi ini setidaknya mengisyaratkan tiga pesan penting. Pertama, lanjut Bamsoet, membuka kembali memori bangsa bahwa ada satu tekat kebangsaan, yaitu Eka Prasetya Pancakarsa yang artinya tekad yang tunggal untuk melaksanakan atau mewujudkan lima sila pancasila.

"Kemudian yang kedua membangun kesadaran bahwa untuk menghadirkan nilai-nilai Pancasila dalam ruang realita memerlukan nilai-nilai yang dapat dijadikan bahan," paparnya. "Dan ketiga mendorong generasi muda dalam kemasyarakatan sehingga dapat beradaptasi," imbuhnya.

Bamsoet berharap, semoga peluncuran animasi butir-butir Pancasila dapat menginspirasi generasi muda yang lain untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai pancasila. "Semoga peluncuran animasi butir-butir Pancasila dapat menginspirasi generasi muda yang lain untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai pancasila," pungkasnya.



Lebih lanjut Bamsoet mengatakan, kehadiran AKKI membuktikan bahwa masih ada generasi muda yang berkomitmen menjaga dan merawat kelestarian nilai-nilai kebangsaan. "AKKI juga menjadi bukti nyata bahwa perbedaan latar belakang menjadi kebanggaan keragaman, justru bukanlah menyediakan celah yang menyediakan. Tapi justru memberi ruang untuk saling mengisi," ujar Bamsoet.

Legislator Partai Golkar itu mengatakan, webinar dan launching animasi Pancasila yang digagas AKKI menjadi simbol dan etos kerja bagi generasi muda yang tangguh dan dapat menghadapi tantangan. "Karena di masa pandemi Covid-19 saat ini tidak boleh menjadi penghalang kita untuk bekerja dan berkarya, khususnya dalam memperjuangkan nilai-nilai kebangsaan," tuturnya.

Sementara, Ignazo Marco Widodo, salah satu pendiri AKKI, dan segelintir/sedikit orang Indonesia yang berhasil mencapai tingkat Eagle Scout, yang merupakan tingkatan tertinggi dalam gerakan kepanduan "Scouting BSA" di Amerika Serikat, menuturkan bahwa meskipun dia aktif di Gerakan Pramuka Amerika Serikat, patriotisme dan kecintaan dia terhadap Indonesia sangat lah besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)