Tingkatkan Literasi Numerasi Siswa, Kompetisi Matematika Online Digelar

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 23:45 WIB
loading...
Tingkatkan Literasi Numerasi Siswa, Kompetisi Matematika Online Digelar
Peluncuran EMC 2021. Foto/tangkapan layar Youtube
A A A
JAKARTA - Kompetisi matematika nasional tingkat pelajar kembali digelar di tahun ini. Kompetisi yang dinamakan Eduversal Mathematics Competition (EMC) digelar secara online ini menggunakan soal high order thinking skill (HOTS) dan mengundang seluruh pelajar untuk ikut serta sehingga meskipun dalam masa pandemi namun akan menyalakan api semangat siswa untuk berkompetisi.

Direktur Eduversal Dwi Prajitno Wibowo mengatakan, seiring dengan semangat pemerintah dalam rangka penguatan literasi numerasi terutama dikalangan pelajar Indonesia, pihaknya kembali mengadakan ajang kompetisi EMC.



“Kompetisi ini diharapkan dapat menarik minat para siswa untuk semangat berkompetisi sekaligus lebih membumikan peran Matematika dalam setiap aspek kehidupan,” katanya pada peluncuran EMC secara daring,Sabtu (21/8/2021).

EMC adalah ajang kompetisi matematika online nasional yang diselenggarakan setiap tahun. Dia menyatakan, matematika perlu dikenalkan lebih jauh ke siswa karena sejatinya Matematika adalah bahasa Universal yang digunakan oleh seluruh negara-negara di dunia. Matematika juga menjadi jembatan bagi seluruh bidang keilmuan agar saling berkomunikasi satu sama lain.

Lebih lanjut, Dwi menambahkan bahwa pada tahun 2019, pihaknya telah berhasil menyelenggarakan EMC perdana dengan menggabungkan sistem offline dan online dengan jumlah pendaftar mencapai lebih dari 3200 siswa dari seluruh Indonesia.



Adapun peserta yang menjadi juara berjumlah 28 siswa dari setiap kategori (kelas 5-11). Karena pandemi, sistem EMC pun berubah menjadi sepenuhnya online. Pada 2020, EMC berhasil menarik 4097 siswa dari 831 sekolah se-Indonesia dari berbagai tingkatan.

Dwi juga menyatakan bahwa tahun ini, dengan kondisi kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi EMC akan kembali digelar dengan format Online. Pendaftaran EMC 2021 dibuka mulai tanggal 21 Agustus sampai dengan tanggal 29 Oktober 2021.

Pelaksanaan lomba akan diselenggarakan pada tanggal 6 November 2021. Seluruh proses pendaftaran dan pelaksanaan ujian EMC akan diselenggarakan dalam satu platform yaitu https://kompetisi.net/.

Dwi menyatakan, yang menarik dari lomba ini ini adalah karena proses lomba yang diselenggarakan secara daring, oleh karenanya peserta dari seluruh wilayah Indonesia dengan mudah dapat berpartisipasi dari rumah atau sekolah tanpa terkendala jarak.

“Setiap peserta hanya bersaing dengan peserta lain di tingkatan kelas yang sama, sehingga peserta junior tidak perlu takut menghadapi peserta senior. Tahun ini EMC akan dibuka untuk kelas 4 SD/MI sampai kelas 12 SMA/MA,” ungkapnya.

Perwakilan Puspresnas Kemendikbudristek Ade Supriatna dalam sambutannya menyatakan gembira bahwa kegiatan EMC ini bisa mengakomodir jumlah pendaftar yang begitu besar. Karena memang para siswa diusahakan untuk terus berkarya dari rumah dan pantang menyerah dalam kondisi Pandemi saat ini.

Koordinator Program EMC 2021 Ridwan Sumitro mengatakan, selain diberikan medali, hadiah jutaan rupiah akan menunggu para pemenang. Selain itu, Ridwan mengatakan, peserta lomba tidak perlu pusing kalau lawannya akan berlaku curang, karena secara teknis sangat sulit untuk berbuat curang sebab: Kamera peserta haruslah aktif, soal yang diacak, tidak dapat kembali ke soal berikutnya, lama pengerjaan yang dapat dimonitor, serta soal yang menantang atau bertipe HOTS.

Ridwan juga menambahkan bahwa selain kegiatan kompetisi, EMC tahun ini juga akan dibarengi dengan webinar untuk guru dan orang tua, webinar untuk siswa, tryout matematika untuk umum, serta kegiatan Math Day yang berisi lomba-lomba ringan terkait matematika yang seru dan menyenangkan.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2860 seconds (0.1#10.140)