27 Doktor Diterima Sebagai Dosen Tetap Unpad Lewat Jalur High Quality Talent

Minggu, 22 Agustus 2021 - 12:01 WIB
loading...
27 Doktor Diterima Sebagai Dosen Tetap Unpad Lewat Jalur High Quality Talent
Universitas Padjadjaran (Unpad). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Sebanyak 27 doktor berhasil diterima sebagai calon dosen tetap Non-PNS Universitas Padjadjaran (Unpad). Mereka berhasil lolos melalui skema khusus High Quality Talent Universitas Padjadjaran.

Mereka adalah para calon dosen dengan kualitas cukup baik. Sebelumnya, para pelamar berhasil lulus berdasarkan proses seleksi yang ketat dan penilaian saksama oleh pihak universitas.



Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Aulia Iskandarsyah menjelaskan, jumlah pelamar yang mendaftar menjadi dosen melalui skema High Quality Talent Unpad mencapai 158 orang. Peserta kemudian mengikuti sejumlah seleksi dan penilaian yang digelar dari awal Juni hingga awal Agustus 2021.

Mengingat rekrutmen tenaga pendidik ini menggunakan skema khusus, Unpad menetapkan sejumlah persyaratan berupa talenta dan kualifikasi unggul yang wajib dipunyai oleh pelamar.
Persyaratan tersebut di antaranya, berkualifikasi Doktor dari perguruan tinggi terekognisi internasional, memiliki setidaknya tiga publikasi internasional dalam tiga tahun terakhir, serta memiliki passion yang kuat dalam bidang pengajaran, penelitian, dan pembelajaran.

“Berdasarkan dari aplikasi yang masuk ke Direktorat SDM Unpad, mayoritas aplikan memiliki kualifikasi yang baik, mereka merupakan lulusan dari universitas terkemuka di dalam negeri dan luar negeri dan utamanya memilki portofolio riset dan publikasi yang bagus,” kata Aulia dalam siaran persnya, Minggu (22/8/2021).



Setiap pelamar kemudian mengikuti beberapa tahap seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, asesmen psikologi oleh tim Pusat Inovasi Psikologi Unpad, seleksi Micro Teaching dan wawancara oleh pimpinan fakultas, departemen, program studi, hingga dosen pengampu, hingga tahap wawancara akhir oleh pimpinan universitas.

Seleksi kemampuan Micro Teaching diperlukan untuk mengetahui apakah pelamar bisa memenuhi tugas dasarnya sebagai dosen, yaitu melakukan tridarma. Meski skema ini menyasar kandidat dengan portofolio riset yang baik, ia juga wajib menguasai kemampuan dasar sebagai seorang pengajar.

“Oleh karena itu, kandidat harus mengikuti evaluasi untuk memotret kemampuan mengajar, baik dari segi substansi maupun metodologi,” sambung Aulia.

Aulia mengharapkan, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi ini mampu mewujudkan tujuan awal dari proses rekrutmen dosen melalui skema High Quality Talent. Skema ini mendorong Unpad untuk memperoleh sumber daya manusia baru yang berkualitas serta mampu menjadi akselerator untuk meningkatkan rekognisi akademik di tingkat internasional.

Para calon dosen terpilih kemudian akan melakukan pertemuan dengan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti secara virtual pada 1 September mendatang.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5766 seconds (0.1#10.140)