Kedisiplinan Mahasiswa Kunci Keberhasilan PTM Terbatas di Kampus

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 23:25 WIB
loading...
Kedisiplinan Mahasiswa Kunci Keberhasilan PTM Terbatas di Kampus
Sejumlah mahasiswa mengikuti perkuliahan tatap muka di salah satu perguruan tinggi di Jakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dapat dilakukan perguruan tinggi di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 hingga 3.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Mendikbudristek ) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, PTM terbatas di kampus akan mengikuti aturan main yang ditetapkan SKB 4 Menteri. Menurut dia ada berbagai hal yang harus dilakukan mahasiswa pada PTM terbatas. Namun kuncinya adalah kedisiplinan.



"Memakai masker selama berada di kampus, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan menerapkan etika batuk dan bersin," katanya pada pada Webinar Efektivitas Pendidikan Tinggi dengan PTM Terbatas dan Bantuan UKT, Jumat (27/8/2021).

Nadiem menekankan, kedisiplinan menjadi point penting yang harus dijaga baik-baik. Sebab jika muncul penularan Covid-19 di kampus dan menjadi kluster maka pemerintah daerah dan pusat pun tidak akan membolehkan kampus untuk PTM terbatas yang terbukti tidak menjaga kedisiplinan.

"Dan ini ujung-ujungnya ada di tangan mahasiswa. Sehingga jika mahasiswa ingin melaksanakan tatap muka dengan cara aman, kedisiplinan mahasiswa itulah yang akan menjadi kunci dari keberhasilan," ungkap Mendikbudristek.



Selain menjaga protokol kesehatan, peran mahasiswa yang lain seperti mencegah temannya yang sedang sakit untuk tidak masuk kuliah dulu. Mendikbudristek juga meminta mahasiswa untuk disiplin dalam berinteraksi didalam maupun diluar kelas.

Nadiem juga mendorong mahasiswa yang belum vaksin untuk mendaftarkan diri ke sentra vaksinasi. Sementara bagi mahasiswa yang sudah vaksin, ujarnya, diminta menyebarkan pesan kepada mahasiswa lain tentang pentingnya vaksinasi ini.

"Jadi saya tekankan sekali lagi berhasil tidaknya PTM terbatas tergantung komitmen mahasiswa untuk saling menjaga dan saling melindungi," pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2999 seconds (0.1#10.140)