Inovasi, Mahasiswa UGM Buat Alat Penyimpanan Vaksin Covid-19 untuk Daerah 3T

Rabu, 01 September 2021 - 10:41 WIB
loading...
Inovasi, Mahasiswa UGM Buat Alat Penyimpanan Vaksin Covid-19 untuk Daerah 3T
Tim Mahasiswa UGM mengembangkan alat penyimpanan vaksin Covid-19 yang dapat menyimpan vaksin tetap aman sampai ke daerah terpencil sekalipun. Foto: Dok/Humas UGM
A A A
JAKARTA - Untuk menghadapi pandemi Covid-19 , pemerintah menggalakkan program vaksinasi nasional. Berbagai vaksin yang telah didatangkan dari luar negeri didistribusikan ke seluruh daerah di Indonesia.

Tentu terdapat tantangan tersendiri dalam proses pendistribusian ini. Pertama, vaksin yang didistribusikan tersebut harus dijaga dengan suhu 2-8oC sampai ke tempat dilaksanakannya vaksinasi.



Kedua, terkait bagaimana mendistribusikan vaksin ke daerah-daerah terpencil di Indonesia, layaknya daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar), dimana membutuhkan waktu sampai berhari-hari?

Tantangan tersebut kemudian dijawab oleh lima orang mahasiswa UGM yang terdiri dari Muhammad Rizqiansyah (Teknik Fisika 2018), Ananda Fikri Nugroho (Teknik Fisika 2018), Devara Zain Al Adid (Teknik Elektro 2018), Kaninda Khairunnisa (Teknik Fisika 2019), dan Fauzian Sekar Indrasyah (Farmasi 2019).

Mereka mengembangkan alat penyimpanan vaksin Covid-19 yang dapat menyimpan vaksin tetap aman sampai ke daerah terpencil sekalipun. Alat tersebut diberi nama Smart Vaccine Tube.



Bentuknya kotak ringan yang dapat digendong/disandang layaknya tas. Pengembangan alat tersebut diketahui masuk dalam program PKM-KC yang berhasil mendapat pendanaan penuh dari Kemendikbud Ristek tahun 2021 ini.

“Tujuannya alat penyimpanan vaksin ini (agar) dapat mempercepat akselerasi program vaksinasional terutama ke daerah terpencil, seperti daerah 3T. Harapannya jumlah target sasaran vaksinasi di Indonesia bisa tercapai dan terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity) dalam waktu dekat sehingga semuanya bisa normal kembali,” ungkap Ketua Tim Muhammad Rizqiansyah dilansir dari laman resmi UGM di ugm.ac.id, Rabu (1/9/2021).

Smart Vaccine Tube tersebut berbasis dari teknologi superthermos. Dengan menggunakan bahan berupa aluminium bubble foil dan styrofoam, Smart Vaccine Tube dirancang memiliki empat layer (lapisan) dari luar. Suhu dalam kotak didinginkan menggunakan peltier.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)