5 Perpustakaan Keren dan Lengkap Agar Makin Cinta Membaca

Rabu, 01 September 2021 - 23:54 WIB
loading...
5 Perpustakaan Keren dan Lengkap Agar Makin Cinta Membaca
Perpustakaan Nasional. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai pencinta buku , mengunjungi perpustakaan dengan jumlah koleksinya yang banyak menjadi surga tersendiri. Tenggelam dengan bacaan menarik menjadi ajang pelarian tersendiri dari jenuhnya aktivitas.

Di Jakarta ternyata banyak perpustakaan-perpustakaan menarik yang bisa dikunjungi. Sayangnya, di masa pandemi ini perpustakaan ini tidak melayani kunjungan di tempat. Banyak dari mereka menyediakan layanan online untuk peminjaman buku.



Berikut ini adalah beberapa perpustakaan keren dengan koleksi yang terbilang lengkap yang ada di Jakarta dan sekitarnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Simpan saja dulu daftarnya, semoga pandemi ini segera berakhir sehingga kunjungan ke perpustakaan bisa menjadi salah satu alternatif liburan yang bisa dilakukan saat pandemi usai.

1. Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI
5 Perpustakaan Keren dan Lengkap Agar Makin Cinta Membaca

Dilansir dari laman Perpusnas di perpusnas.go.id, perpustakaan yang memiliki 27 lantai ini berada di Jalan Medan Merdeka Selatan No 11, DKI Jakarta. Perpustakaan yang memiliki jutaan koleksi mulai dari buku, manuskrip kuno, sumber elektronik, monograf, rekaman suara, bahan kartografis dan bentuk mikro.

Gedung Perpusnas digadang sebagai gedung perpustakaan tertinggi di dunia. Fasilitas yang tersedia di Perpusnas yakni ruang teater, pusat data, layanan naskah nusantara, koleksi buku langka, koleksi mancanegara dan layanan koleksi foto, peta dan lukisan.



Layanan Perpusnas pun mengikuti peraturan PPKM. Pada saat ini sesuai dengan Inmendagri No 35/2021 tentang PPKM Level 3 maka layanan Perpusnas ditutup sampai 6 September. Namun masih ada layanan online Perpusnas yang masih bisa diakses.

Kalian bisa menggunakan layanan daring untuk keanggotaan Perpusnas, E-Resources, Indonesia One Search, Khastara dan Tanya Pustakawan. Selain itu juga ada iPusnas yakni aplikasi yang bisa untuk mengakses buku digital (e-book) fulltext. iPusnas bisa diunduh di PC, android dan iOS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)