5 Perpustakaan Keren dan Lengkap Agar Makin Cinta Membaca

Rabu, 01 September 2021 - 23:54 WIB
loading...
5 Perpustakaan Keren dan Lengkap Agar Makin Cinta Membaca
Perpustakaan Nasional. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai pencinta buku , mengunjungi perpustakaan dengan jumlah koleksinya yang banyak menjadi surga tersendiri. Tenggelam dengan bacaan menarik menjadi ajang pelarian tersendiri dari jenuhnya aktivitas.

Di Jakarta ternyata banyak perpustakaan-perpustakaan menarik yang bisa dikunjungi. Sayangnya, di masa pandemi ini perpustakaan ini tidak melayani kunjungan di tempat. Banyak dari mereka menyediakan layanan online untuk peminjaman buku.



Berikut ini adalah beberapa perpustakaan keren dengan koleksi yang terbilang lengkap yang ada di Jakarta dan sekitarnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Simpan saja dulu daftarnya, semoga pandemi ini segera berakhir sehingga kunjungan ke perpustakaan bisa menjadi salah satu alternatif liburan yang bisa dilakukan saat pandemi usai.

1. Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI
5 Perpustakaan Keren dan Lengkap Agar Makin Cinta Membaca

Dilansir dari laman Perpusnas di perpusnas.go.id, perpustakaan yang memiliki 27 lantai ini berada di Jalan Medan Merdeka Selatan No 11, DKI Jakarta. Perpustakaan yang memiliki jutaan koleksi mulai dari buku, manuskrip kuno, sumber elektronik, monograf, rekaman suara, bahan kartografis dan bentuk mikro.

Gedung Perpusnas digadang sebagai gedung perpustakaan tertinggi di dunia. Fasilitas yang tersedia di Perpusnas yakni ruang teater, pusat data, layanan naskah nusantara, koleksi buku langka, koleksi mancanegara dan layanan koleksi foto, peta dan lukisan.



Layanan Perpusnas pun mengikuti peraturan PPKM. Pada saat ini sesuai dengan Inmendagri No 35/2021 tentang PPKM Level 3 maka layanan Perpusnas ditutup sampai 6 September. Namun masih ada layanan online Perpusnas yang masih bisa diakses.

Kalian bisa menggunakan layanan daring untuk keanggotaan Perpusnas, E-Resources, Indonesia One Search, Khastara dan Tanya Pustakawan. Selain itu juga ada iPusnas yakni aplikasi yang bisa untuk mengakses buku digital (e-book) fulltext. iPusnas bisa diunduh di PC, android dan iOS.

Selain itu bagi yang berminat meminjam e-book juga ada penambahan durasi waktu peminjaman selama 5 hari (5x24 jam) dan penambahan kuota peminjaman e-book per pengguna.

2. Perpustakaan Universitas Indonesia (UI)

Sesuai dengan namanya, perpustakaan ini berada di kawasan kampus UI Depok. Tepatnya di gedung Crystal of Knowledge.

Dilansir dari laman ui.ac.id, Perpustakaan UI adalah salah satu yang terbesar di Asia koleksinya. Pada tahun 2007 saja, koleksi perpustakaan UI mencapai angka 1,5 juta buku dan semakin bertambah tahun semakin bertambah pula koleksi di perpustakaan UI ini.

Perpustakaan UI didukung system informasi yang berbasiskan kepada teknologi informasi yaitu digital library online information system.

Maka pengunjung dapat secara langsung mencari dan mengunduh koleksi-koleksi yang disediakan seperti: Koleksi Buku, Koleksi Majalah, Koleksi Non Buku, Koleksi Artikel Eletronik, Koleksi Book Elektronik serta karya yang dihasilkan segenap civitas academica dalam koleksi UI.

3. Perpustakaan Kemendikbud

Perpustakaan ini berada di area kompleks Kemendikbudristek di Gedung A Lantai 1 dan Mezanin, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta.

Dilansir dari laman perpustakaan.kemdikbud.go.id, Perpustakaan Kemendikbud memiliki lebih dari 200.000 koleksi dalam berbagai bentuk (buku, buku digital, audiovisual, majalah, koran, jurnal, jurnal elektronik).

Perpustakaan Kemendikbud ini dikelola secara profesional dan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan yang ditandai dengan diperolehnya akreditasi A oleh Perpustakaan Nasional RI.

Perpustakaan Kemendikbud juga memiliki SLiMS (Senayan Library Management System) atau sistem automasi perpustakaan sumber terbuka (open source) berbasis web yang pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakan Kemendikbud.

Perpustakaan Kemendikbud juga menyediakan ruang baca yang terdiri dari dua lantai dengan luas lahan 1.500 meter persegi. Beberapa fasilitas yang ada di sini adalah adanya ruang koleksi anak, ruang kelas, ruang serbaguna/diskusi, ruang audio visual, layanan fotokopi gratis dan teater mini.

4. Perpustakaan Erasmus Huis

Perpustakaan ini berada dibawah di komplek Keudataan Besar Belanda. Perpustakaan ini didesain menjadi ruang yang ramah, modern dan terbuka ditengah hiruk pikuk ibukota.

Dikutip dari laman netherlandsandyou.nl, perpustakaan yang berlokasi di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan Timur, Jakarta Selatan ini memiliki koleksi sekitar 15.000 judul buku, koran dan majalah.

Berada di kawasan Kedubes Belanda tidak menjadikan koleksinya berbahasa Belanda saja, namun ada juga buku-buku berbahasa Indonesia dan Inggris yang bisa dijelajahi.

Misalnya buku-buku tentang sejarah Indonesia, buku seni dan budaya Belanda dan Indonesia. Perpustakaan Erasmus Huis juga menyimpan koleksi buku-buku anak.

Untuk meminjam buku di perpustakaan ini ada biaya yang dikenakan ke pengunjung yakni mulai dari Rp15.000.

5. Perpustakaan Freedom Institute

Perpustakaan ini berada di Wisma Bakrie, Kuningan, Jakarta Selatan. Perpustakaan Freedom Institute memiliki beragam buku.

Mulai dari koleksi buku langka hingga buku masa kini dari beragam isu mulai dari politik, ekonomi, filsafat, agama dan topik-topik lainnya dengan jumlah koleksi mencapai 14.000 judul.

Untuk menjadi anggota resmi perpustakaan para pengunjung tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Cukup mengisi formulir dan fotokopi KTP saja.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)