Ornamen Header
Persaingan Dunia Kerja, Ini 10 Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa pada 2025
Persaingan Dunia Kerja, Ini 10 Skill yang Wajib Dimiliki Mahasiswa pada 2025
Mahasiswa harus memiliki skill atau keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2025 mendatang. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - World Economic Forum (WEF) pada Oktober 2020 lalu merilis artikel terkait 10 skill atau keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2025 mendatang.

10 keterampilan ini pastinya harus diketahui para mahasiswa mulai sekarang. Sebab, untuk mampu bertahan di tengah kerasnya persaingan dunia kerja dibutuhkan pegawai yang mempunyai kemampuan keterampilan mumpuni.

Baca juga: Cerita Mahasiswa ITB yang Raih Perak di Olimpiade Matematika

Mengutip laman Binus University di binus.ac.id, Kamis (2/9/2021), WEF memprediksi pada tahun 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.



Berdasarkan prediksi tersebut setidaknya 50% pegawai perlu menambah dan memperbaiki skill mereka supaya bisa bertahan di dunia kerja. Berikut ini 10 skill yang wajib dipunya mahasiswa:

1.Mampu Berpikir secara Analitis dan Inovatif
Guna menyelesaikan permasalahan secara cepat dan akurat, pekerja perlu memiliki kemampuan berpikir secara analitis. Di sisi lain, kemampuan dalam berinovasi juga dibutuhkan demi mencari terobosan baru sesuai kebutuhan pasar.

2. Pembelajaran Aktif (Active Learning) dan Mandiri
Secara umum pembelajaran aktif menuntut seseorang untuk memaksimalkan otak mereka guna menemukan ide pokok dari materi yang dipelajari dan mengaplikasikan hasil belajar untuk menyelesaikan persoalan dalam kehidupan nyata.

Baca juga: Inovasi Keren, Mahasiswa UGM Buat Robot Pengukur Kemiringan Lantai

Pada kasus pekerja, mandiri dan kemampuan pembelajaran aktif membuat individu tersebut memiliki kemauan kuat untuk terus belajar dan menerapkan ilmu yang mereka dapat guna memperbaiki kinerjanya.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!