Kiat dari Mendikbudristek untuk Sukses dan Berprestasi di Usia Muda

Selasa, 07 September 2021 - 13:20 WIB
loading...
Kiat dari Mendikbudristek untuk Sukses dan Berprestasi di Usia Muda
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim. Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Dari berbagai ajang kompetisi dan lomba yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), telah menghasilkan 2.309 talenta siswa berprestasi di tingkat nasional, dan 68 raihan penghargaan di kancah internasional.

Sebagai bentuk penghargaan kepada mereka, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengajak enam siswa berprestasi untuk berbincang dan berbagi inspirasi agar tetap berprestasi.

Baca juga: Kolaborasi Siswa Madrasah-SMA Menangi Olimpiade Kebumian Internasional di Russia

“Ini suatu hari yang sangat membahagiakan untuk saya karena di masa yang sangat sulit ini, kita masih bisa terinspirasi berkat adik-adik semua terutama yang sedang bincang-bincang hari ini. Ini luar biasa untuk bisa mencapai prestasi di tengah masa yang penuh tantangan seperti ini,” ujarnya melansir laman Kemendikbudristek di kemdikbud.go.id, Selasa (7/9/2021).

Menurut Menteri Nadiem, prestasi para pelajar Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia di panggung internasional membuat pemerintah bangga dan termotivasi untuk bekerja dan terus mendedikasikan waktu untuk negara.

“Kita perlu lebih banyak inspirasi dan saya sangat senang sekali dibantu dengan prestasi kalian,” ungkap Menteri Nadiem.

Dalam bincang-bincang yang ditayangkan pada kanal Youtube Kemendikbud RI, Menteri Nadiem memberikan kesempatan kepada enam pelajar berprestasi untuk bertanya dan berbagi pengalaman agar menjadi motivasi bagi siswa lainnya.

Baca juga: 5 Perpustakaan Keren dan Lengkap Agar Makin Cinta Membaca

Kesempatan pertama, Zaid Naufal, peraih juara dan pemain terbaik pada Gala Siswa Indonesia tahun 2020 bertanya kiat-kiat menjadi orang sukses di usia muda. “Mas Menteri, kira-kira apa yang harus kami lakukan agar kami bisa sukses di usia muda dan terus berprestasi seperti Mas Menteri,” ujar siswa SMP Negeri 2 Tidore ini.

Menjawab pertanyaan tersebut, Menteri Nadiem berpesan kepada para siswa berprestasi untuk selalu otentik, selalu mengikuti potensi yang ada dalam diri. “Kita harus menekuni passion kita, hobi kita, saya yakin akan berprestasi di dalam bidang tersebut,” ujar Menteri Nadiem.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1948 seconds (11.252#12.26)