Ornamen Header
Rayakan HUT ke-56, UK Maranatha Siap Maju dengan Hybrid Learning
Rayakan HUT ke-56, UK Maranatha Siap Maju dengan Hybrid Learning
Universitas Kristen Maranatha merayakan HUT ke-56 pada tanggal 11 September 2021. HUT ke-56 ini mengusung tema Maranatha Maju". (Dok: www.maranatha.edu)
BANDUNG - Situasi pandemi sejak dua tahun yang lalu merupakan pukulan keras bagi dunia pendidikan di Indonesia. Kampus-kampus hingga hari ini belum bisa beraktivitas seperti layaknya kampus sebelum masa pandemi. Universitas Kristen Maranatha dalam dua tahun ini harus sangat cepat beradaptasi menghadapi situasi tersebut. Dari semua keterbatasan yang diakibatkan oleh pandemi, lahirlah inovasi-inovasi yang tidak saja hanya untuk bertahan di tengah pandemi, tetapi sebagai landasan untuk bangkit dan meraih prestasi.

Perubahan paling besar yang dirasakan dalam dunia pendidikan adalah beralihnya sistem pembelajaran tatap muka menjadi Pambelajaran Jarak Jauh (PJJ). UK Maranatha yang selama ini sudah menerapkan sistem e-learning pun seakan dipaksa meningkatkan kapasitas dan mengakselerasi sistem e-learning yang selama ini digunakan, agar dapat memfasilitasi kebutuhan pembelajaran jarak jauh yang semakin masif.

Seiring meningkatnya kebutuhan PJJ, UK Maranatha akan terus mengembangkan ekosistem pembelajaran online yang terpadu. Beberapa sistem informasi untuk mendukung hal tersebut adalah adanya Sistem Akademik Terpadu (SAT) Maranatha yang berguna sebagai pusat pengelolaan studi seorang mahasiswa selama berkuliah di kampus Maranatha; adanya platform e-learning UK Maranatha yang disebut “Morning” (Maranatha Online Learning) sebagai tulang punggung learning management system; dan “Parent Portal Maranatha”, yaitu fasilitas bagi orang tua mahasiswa untuk memantau perkembangan studi putra-putrinya. Selain tiga fasilitas tersebut, masih terdapat banyak fasilitas online lainnya guna memfasilitasi mahasiswa belajar terutama pada masa PJJ sekarang ini.

Prestasi di Tengah Keterbatasan
UK Maranatha memperingati Hari Ulang Tahunnya (HUT) yang ke-56 pada 11 September 2021. Momentum yang dipenuhi rasa syukur ini memberikan semangat untuk semakin kuat, dapat bangkit dari pandemi dan terus maju memberikan yang terbaik.



Rektor UK Maranatha Prof Sri Widiyantoro mengatakan, ada berkat di tengah kesulitan bahwa di tengah pandemi ini, ada juga dampak positif yang dihasilkan.

“Kami lebih leluasa pembelajaran karena tidak terikat oleh tempat, sehingga dapat dilakukan di mana saja. Dengan kesiapan sarana dan sistem pembelajaran yang saat ini sepenuhnya online, ternyata hal ini membuka kesempatan mahasiswa dari tempat yang jauh, bahkan luar pulau untuk dapat belajar tanpa terhalang jarak,” ujarnya.

Hal ini dibuktikan dengan penuhnya pendaftar beberapa program studi, khususnya program magister yang dapat menjalankan pembelajaran online secara penuh.

Keberhasilan UK Maranatha dalam beradaptasi dan mengembangkan sistem pembelajaran online mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). UK Maranatha berhasil memperoleh hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek. UK Maranatha berhasil menjadi salah satu dari 142 perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan hibah tersebut. Hibah ini akan semakin memacu adanya inovasi-inovasi berikutnya.

Inovasi Hybrid Learning dan Fakultas Bisnis
Menyikapi pandemi dan menyambut perkuliahan tatap muka, UK Maranatha saat ini telah mengembangkan sistem pembelajaran “hybrid learning yang fleksibel” (hybrid & flexible learning). Sistem ini mendukung keleluasaan mahasiswa untuk memilih mengikuti perkuliahan secara onsite ataupun online, dengan kualitas pembelajaran yang sama.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!