Ornamen Header
Langkah Awal Belajar UTBK yang Efektif, Cepat dan Mudah
Langkah Awal Belajar UTBK yang Efektif, Cepat dan Mudah
Sudah siap menghadapi ujian tulis berbasis komputer (UTBK) SBMPTN? Ini dia langkah awal belajar UTBK yang efektif, cepat dan mudah. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Walaupun penyelenggaraan UTBK SBMPTN masih cukup lama, tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan diri mulai sekarang. Jika kamu tergolong sebagai pejuang PTN yang ngambis (ambisius) masuk PTN impian, tentu sudah merancang langkah awal belajar UTBK, kan? Sudah sejauh mena persiapanmu?

Cara Cepat Belajar UTBK
Nah, saat merancang cara belajar, beberapa di antara kamu pasti sering bertanya, materi apa yang harus dipelajari? Apakah belajar TPA atau TPS dulu? Sebelum lebih jauh mencerapkan cara cepat belajar UTBK, ada sejumlah kriteria yang harus kamu perhatikan, antara lain:

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Mendeley

Mengasah Rasa Penasaran
Sebelum menghadapi UTBK, kamu harus memiliki rasa penasaran yang kuat. Tak hanya rasa penasaran pada soal-soal yang mungkin keluar, kamu juga harus mengasah rasa penasaran terhadap semua materi pelajaran.



Karena, menurut penelitian, rasa penasaran yang kuat terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar. Jadi, semakin kuat rasa penasaran yang kamu miliki, maka kamu akan lebih cepat dan mudah menerima segala informasi. Hal ini sangat berpengaruh pada hasil belajar yang kamu terapkan untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK nanti.

Belajar Sebelum Siap
Saat mencoba latihan soal UTBK, kamu mungkin merasa khawatir saat menghadapi soal-soal yang susah, kan? Hal itu wajar terjadi kepada siapa pun. Namun, jika kamu ingin mempersiapkan diri dari sekarang, kamu harus mengubah rasa takut dan ketidaksiapanmu menjadi keberanian. Jangan pernah takut gagal, karena masih banyak waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kemampuanmu menghadapi soal-soal UTBK yang sulit.

Baca juga: 7 Tips agar Tidak Salah Pilih Jurusan Kuliah

Fokus Pada Hal yang Mudah Diatur
Kamu tentu tidak bisa menjamin segala hal berjalan sesuai keinginanmu. Terkadang, tanpa disadari, kamu lebih fokus pada hal-hal yang tidak bisa diatur saat belajar UTBK. Misalnya membayangkan tingkat kesulitan soal yang bakal keluar, persaingan yang ketat hingga apa yang harus kamu lakukan ketika gagal lolos PTN impian nanti, kan?

Ingat, semua itu tidak bisa kamu kendalikan sesuai keinginanmu. Jika terlalu fokus pada hal semacam itu, kamu akan kehabisan energi dan melupakan hal-hal penting lainnya yang justru bisa kamu atur. Misalnya waktu belajar yang efektif, catatan materi yang sudah kamu rangkum, atau semua upaya mengikuti cara cepat belajar UTBK yang kamu kerjakan.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!