Ornamen Header
Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Mendeley
Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Mendeley
Aplikasi Mendeley merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat citation, daftar pustaka dan juga bibliografi secara otomatis. Foto/Ist
JAKARTA - Aplikasi Mendeley merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat citation, daftar pustaka dan juga bibliografi secara otomatis. Oleh karena itu aplikasi inipun banyak digunakan bagi mahasiswa yang sedang menulis skripsi atau tesis.

Selain itu juga aplikasi Mendeley banyak digunakan untuk seseorang yang sedang menulis karya ilmiah ataupun buku karena dengan aplikasi ini membuat daftar pustaka kini tidak perlu lagi dilakukan secara manual.

Baca juga: 7 Tips agar Tidak Salah Pilih Jurusan Kuliah

Mengutip laman blog Gramedia Digital di gramedia.com, Senin (13/9/2021), berikut ini dijelaskan mengenai bagaimana cara menggunakan aplikasi Mendeley untuk menulis daftar pustaka. Simak langkah-langkahnya berikut ini:



1. Untuk menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu unduh di mendeley.com setelah itu lakukan instalasi di perangkat komputer atau laptop. Jangan lupa instal plug-in untuk Microsoft Word dan peramban internet kamu agar dapat melakukan sitasi (rujukan) secara otomatis.

2. Jika instalasi plugin tersebut berhasil, akan ada fitur Mendeley di Microsoft Word kamu tepatnya di Menu References. Langkah selanjutnya lakukan pendaftaran akun agar dapat tersinkronisasi saat dibuka dalam mode online.

3. Setelah instalasi dan pendaftaran akun selesai dilakukan, saatnya kamu menggunakan fitur-fitur Mendeley.

Baca juga: Berprestasi di Usia Muda, Ini Sederet Prestasi Stanve di Kompetisi Global

4. Sebelum membuat daftar pustaka terlebih dahulu pastikan mendownload buku dan artikel baik dari library online, google scholar, maupun portal berita, agar dokumen dan meta datanya bisa di masukkan ke aplikasi mendeley.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!