Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Mendeley

Selasa, 14 September 2021 - 08:00 WIB
loading...
Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Mendeley
Aplikasi Mendeley merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat citation, daftar pustaka dan juga bibliografi secara otomatis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Aplikasi Mendeley merupakan aplikasi yang banyak digunakan untuk membuat citation, daftar pustaka dan juga bibliografi secara otomatis. Oleh karena itu aplikasi inipun banyak digunakan bagi mahasiswa yang sedang menulis skripsi atau tesis.

Selain itu juga aplikasi Mendeley banyak digunakan untuk seseorang yang sedang menulis karya ilmiah ataupun buku karena dengan aplikasi ini membuat daftar pustaka kini tidak perlu lagi dilakukan secara manual.



Mengutip laman blog Gramedia Digital di gramedia.com, Senin (13/9/2021), berikut ini dijelaskan mengenai bagaimana cara menggunakan aplikasi Mendeley untuk menulis daftar pustaka. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Untuk menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu unduh di mendeley.com setelah itu lakukan instalasi di perangkat komputer atau laptop. Jangan lupa instal plug-in untuk Microsoft Word dan peramban internet kamu agar dapat melakukan sitasi (rujukan) secara otomatis.

2. Jika instalasi plugin tersebut berhasil, akan ada fitur Mendeley di Microsoft Word kamu tepatnya di Menu References. Langkah selanjutnya lakukan pendaftaran akun agar dapat tersinkronisasi saat dibuka dalam mode online.

3. Setelah instalasi dan pendaftaran akun selesai dilakukan, saatnya kamu menggunakan fitur-fitur Mendeley.



4. Sebelum membuat daftar pustaka terlebih dahulu pastikan mendownload buku dan artikel baik dari library online, google scholar, maupun portal berita, agar dokumen dan meta datanya bisa di masukkan ke aplikasi mendeley.

5. Untuk memasukan metadata dan file ke mendeley, kamu cukup klik ke Add File Pilih File yang akan dikutip lalu tunggu sampai mendeley membaca metadatanya, setelah itu buku atau artikel anda akan muncul di My Library Mendeley dan sudah siap untuk dikutip.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5774 seconds (0.1#10.140)