Ornamen Header
Tips dan Trik Hadapi Tugas Akhir dari Alumni UNS
Tips dan Trik Hadapi Tugas Akhir dari Alumni UNS
Himpunan Mahasiswa Program Studi D-3 Agribisnis (Gamagrita) Sekolah Vokasi (SV) UNS Surakarta mengadakan webinar tugas akhir. Foto/Dok/Humas UNS
JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Program Studi D-3 Agribisnis (Gamagrita) Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan webinar tugas akhir. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman dari alumni saat menghadapi tugas akhir.

Para narasumber yang dihadirkan adalah Arifah Eviyanti, A.Md.P., Ruby Agil Hasan, A.Md.P., dan Cicik Lailatul M. A.Md.P.K. Kegiatan yang berlangsung daring tersebut ditujukan untuk seluruh mahasiswa Prodi D3 Agribisnis SV UNS.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Mendeley

Dalam materinya, Arifah membagikan tips dan trik dalam menyelesaikan tugas akhir. Ia membaginya ke dalam tiga tahapan, yaitu pra, pelaksanaan, dan pasca.



“Pada tahap pra, harus dimulai dengan niat dulu. Kemudian cari tema dan judul tugas akhir. Selanjutnya kita analisis SWOT-nya dan buat target waktu. Pas pelaksanaan jangan lupa konsultasi 1 sampai 2 kali dalam seminggu, kalau ada revisi lebih baik dikerjakan di hari yang sama. Small progress is better than no progress,” katanya melansir laman resmi UNS di uns.ac.id, Selasa (14/9/2021).

Pada tahap pasca, alumni angkatan 2016 tersebut menyarankan agar tugas akhir tersebut dapat dikembangkan menjadi usaha yang terus berkelanjutan. Ia juga menyampaikan tips dalam memilih tema.

Baca juga: Singkirkan IPB dan ITB, Mahasiswa Andalas Ini Juara Pilmapres 2021

“Pertama, kenali minat ketertarikan dulu. Kemudian, membaca literatur atau info-info terbaru. Lalu lakukan pengamatan, diskusi, seminar, serta bisa pula mengajak teman atau kakak tingkat untuk berdiskusi. Setelah itu konsultasikan dengan dosen,” jelasnya.

Sebelum mengakhiri materi, Arifah menutup materi dengan sebuah kalimat motivasi.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!