Ornamen Header
Nadiem Minta Mahasiswa Maksimalkan Program Merdeka Belajar
Nadiem Minta Mahasiswa Maksimalkan Program Merdeka Belajar
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim. Foto/Neneng Zubaidah
JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi( Kemendikbudristek ) mengajak seluruh mahasiswa untuk ambil bagian dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM). Program itu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampusnya selama 3 semester tanpa harus dirugikan oleh aturan yang ada.

“Kemendikbudristek memberikan hak dan kesempatan kepada seluruh mahasiswa untuk belajar baik di luar prodinya maupun di luar kampusnya selama tiga semester,” ujar Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim dalam video sambutan pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Unkris, Selasa (14/9/2021).

Baca juga: Ingin Tahu Suka-Duka Pengajar, Mendikbudristek Bermalam di Rumah Guru

Menurut Nadiem, ada banyak program yang bisa diikuti oleh mahasiswa melalui MB-KM tersebut. Mulai dari magang di perusahaan atau organisasi-organisasi sosial, membangun desa, melakukan riset dan mengerjakan proyek kemanusiaan. Selain itu, mahasiswa dapat merancang dan merintis wirausaha, melakukan pertukaran di dalam maupun luar negeri atau mengajar di sekolah SD dan SMP melalui program Kampus Mengajar.



“Semua program ini kami rancang untuk memberikan peluang kepada mahasiswa dengan keragaman minat dan ketertarikan untuk mendapatkan pengalaman-pengalaman yang tidak didapatkan dalam kelas. Pengalaman-pengalaman itu akan menjadi kendaraan dan bekal kalian untuk meraih mimpi masa depan,” tuturnya.

Keunggulan dari program Kampus Merdeka, jelas Nadiem, adalah mahasiswa tidak perlu mengorbankan masa studinya. “Kami mewajibkan perguruan tinggi untuk menerapkan transfer kredit dengan hitungan 20 SKS untuk setiap program Kampus Merdeka,” tuturnya.

Baca juga: Mahasiswa UI akan Berlaga di Kompetisi Penerbangan Terbesar Dunia di Turki

Rektor Unkris Dr. Ir. Ayub Muktiono, M.SIP, CIQaR, menyampaikan ucapan selamat bergabung ke kampus legendaris bagi mahasiswa baru. Unkris, kata Rektor, merupakan salah satu kampus yang banyak melahirkan tokoh yang berkiprah baik ditingkat nasional maupun internasional.

“Kita patut berbangga karena alumni Unkris telah turut serta mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara Republik Indonesia baik itu tokoh dibidang hukum, ekonomi, politik dan sebagainya. Oleh karena itu, kalian patut bersyukur dapat bergabung dengan Unkris,” kata Rektor.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!