Ornamen Header
Ini 8 Cara Mudah Menghafal Tabel Periodik Kimia
Ini 8 Cara Mudah Menghafal Tabel Periodik Kimia
Tabel periodik Kimia adalah bentuk tabel yang berisi unsur-unsur kimia yang tersusun berdasarkan nomor-nomor atomnya. Foto: Dok/Gramedia.com
JAKARTA - Bagi sebagian siswa, pelajaran kimia mungkin tidak menjadi mata pelajaran yang menyenangkan. Apalagi jika mereka kesulitan dengan membaca tabel periodik kimia dan cara menghafalkannya. Padahal dengan menguasai tabel periodik kimia maka siswa akan bisa lebih mudah memahami istilah atau rumus kimia dan menyelesaikan soal dengan cepat.

Melansir laman gramedia.com, Kamis (16/9/2021), tabel periodik sendiri adalah bentuk tabel yang berisi unsur-unsur kimia yang tersusun berdasarkan nomor-nomor atomnya. Nomor atom yang tersusun tersebut berisi sejumlah proton. Dalam hal ini konfigurasi elektron dan kesamaan sifat yang dimiliki unsur kimia tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Mendeley

Tabel periodik kimia kemudian dibagi menjadi 4 blok, yakni blok s, p, d, dan f. Jadi, dalam satu periode atau baris, di bagian kiri menunjukan sifat logam, sedangkan di bagian kanan menunjukan sifat non logam.



Setelah mengetahui pengertian tabel periodik, berikut ini ada beberapa cara menghafalkan tabel periodik kimia yang mudah.

1. Cetak Beberapa Lembar Tabel Periodik
Cetaklah beberapa lembar tabel periodik yang kemudian bisa dibawa kemanapun kalian pergi. Kalau bisa jangan cetak hanya satu, supaya nanti bisa dicorat-coret atan mewarnai tabel periodik kimia agar lebih mudah menghafal.

Lembar sisanya bisa digunakan untuk mengulas kembali apa saja yang sudah dipelajari pada lembar tabel periodik yang pertama.

Cara ini perlu dilakukan secara berulang yang lebih mudah dan cepat dalam menghafalnya. Jika kamu merasa visual dan kinestetis maka bisa membuat tabel periodiknya sendiri.

Cara ini juga akan semakin membuat kamu lebih mudah paham dengan alur tabel dan merasa familiar dengan unsur-unsur yang ada di dalamnya.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!