Sampoerna Academy Hadirkan Literacy Club Kenalkan Budaya Literasi pada Anak

Minggu, 19 September 2021 - 05:18 WIB
loading...
Sampoerna Academy Hadirkan Literacy Club Kenalkan Budaya Literasi pada Anak
Sampoerna Academy menghadirkan Literacy Club yang merupakan rangkaian dari program Sampoerna Academy Literacy Festival Reading Open Doors. Foto/Dok/SA
A A A
JAKARTA - Sekolah interkultural dan pionir STEAM Sampoerna Academy menghadirkan Literacy Club yang merupakan rangkaian dari program Sampoerna Academy Literacy Festival “Reading Open Doors”. Program akhir pekan ini menjadi aktivitas bonding yang seru dengan anak serta menjadi momen penting mengenalkan budaya dan minat literasi sejak dini.

Berkolaborasi dengan komunitas Read Aloud dan pecinta buku Hello Library, acara ini diisi dengan diskusi buku "Elidi and The Ancestor's Garden”, sesi membaca nyaring atau Read Aloud, dan permainan literasi yang melibatkan ratusan orang tua dan anak dari berbagai kota di Indonesia.



Head of English Department Sampoerna Academy Schools Adelina Holmes mengungkapkan, sebagai pionir STEAM, Sampoerna Academy meyakini kemampuan literasi sangat berkaitan dengan pengembangan kecakapan anak, baik dari sisi performa akademis maupun non-akademis.

“Selain mampu membuka wawasannya, berliterasi juga membantu anak memahami konsep, menganalisa, mengkomunikasikan, serta menerapkannya dalam kehidupan,” katanya melalui siaran pers, Sabtu (18/9/2021).

Literasi dan STEAM berkontribusi besar bagi kompetensi lima hal. Yaitu karakter, kreativitas, komunikasi, berpikir kritis, dan kolaborasi. Kelima hal ini berperan sangat penting bagi masa depan anak dan perlu dikembangkan sejak dini.



Sesi membaca nyaring atau Read Aloud dapat menjadi alternatif untuk anak belajar membaca dengan memperkenalkan kosakata baru sambil mengajarkan nilai atau moral dari cerita, serta sekaligus menjadi momen bonding mempererat hubungan orang tua dengan anak,” jelasnya.

Hal senada juga diutarakan Brenda Ayu Pangemanan, Founder Hello Library and Professional Story Teller yang mengisi sesi Read Aloud di event ini.

Menurutnya, Sampoerna Academy Literacy Club merupakan salah satu bukti dukungan luar biasa bagi peningkatan literasi bangsa. Upaya yang dilakukan Sampoerna Academy dalam mendukung siswanya menulis karya literasi pun harus apresiasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)