Usia 24 Tahun, Diva Kurnianingtyas Doktor Termuda di Wisuda ITS

Senin, 27 September 2021 - 21:40 WIB
loading...
Usia 24 Tahun, Diva Kurnianingtyas Doktor Termuda di Wisuda ITS
Diva Kurnianingtyas, doktor termuda usia 24 tahun di Wisuda ke-124 ITS dari Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS. Foto/Dok ITS
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus melahirkan generasi muda yang berkompetensi. Kali ini, ada Diva Kurnianingtyas dari Departemen Teknik Sistem dan Industri yang menyandang predikat sebagai wisudawan doktor termuda di prosesi Wisuda ke-124 ITS Minggu (10/10) mendatang, yang berhasil lulus di usia 24 tahun 9 bulan.

Membahas riwayat pendidikannya, Diva sebelumnya menempuh S1 Teknik Informatika di Universitas Brawijaya dengan lama studi 3,5 tahun. Setelah tiga bulan bekerja di bidang Data Engineering, ia mengambil beasiswa program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) di ITS jurusan Teknik Sistem dan Industri.



“Saya di ITS menempuh studi S2 selama setahun dan studi S3 selama tiga tahun,” tuturnya melalui siaran pers, Senin (27/9/2021).

Ditanya mengenai motivasi melanjutkan pendidikan hingga gelar doktor, gadis kelahiran Malang, 13 Desember 1996 ini menyampaikan bahwa motivasi terbesarnya adalah membahagiakan dan membanggakan ibunya.

“Sejujurnya, saya tidak pernah berekspektasi kuliah lanjut di usia muda. Tetapi karena keinginan serta doa beliau (ibunya, red), saya bisa mencapai titik ini,” ujarnya.

Menjadi mahasiswa termuda dibandingkan teman-teman kuliahnya, Diva mengaku banyak tantangan yang dirasakan. Pertama, ia harus belajar secara cepat agar bisa menyelesaikan studi tepat waktu.



Kedua, studi di usia muda menjadi tantangan tersendiri bagi mentalnya. Khususnya belajar bagaimana mengontrol emosi serta menerima keadaan yang tidak selalu sesuai dengan ekspektasi.

“Yang terpenting adalah belajar sabar. Studi S3 tidak seperti studi S1 dan S2 yang terus belajar ilmu pengetahuan, melainkan belajar ilmu kehidupan yang tidak pernah diperoleh sebelumnya,” tambah putri tunggal dari Iffah Nur Rahmiyati ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2260 seconds (0.1#10.140)