8 Tips Belajar Efektif lewat Online Selama Masa Pandemi

Kamis, 14 Oktober 2021 - 23:18 WIB
loading...
8 Tips Belajar Efektif lewat Online Selama Masa Pandemi
Dosen Akuntasi Universitas Bakrie Rene Johannes, S.E., M.M., M.Si., Ak., CA., CPMA., CPA. Foto/Universitas Bakrie
A A A
JAKARTA - Di masa pandemi Covid-19 , belajar dan bekerja dilakukan secara online dari rumah dan menjadi salah satu inisiatif yang secara bijak diambil pemerintah untuk menekan laju penyebaran virus Covid-19.

Tetapi, untuk sebagian orang, proses belajar secara online merupakan sebuah hal yang tidak mudah dilakukan. Tentu saja hal ini bisa berdampak pada prestasi akademik.

Jika Anda atau anggota keluarga adalah salah satu yang mengalami permasalahan ini, jangan khawatir! Simak tips belajar efektif selama pandemi Covid-19 berikut ini!

Baca juga: Cara Membangun Support System yang Baik Agar Belajar Makin Efektif

Sebenarnya dalam hal ini ada terdapat penggabungan 2 (dua) unsur strategi:
A. Cara belajar yang efektif;
B. Cara belajar (efektif) lewat daring atau online.

A. Cara Belajar yang Efektif:
1. Siapkan dan pelajari Rencana Pembelajaran Semester (RPS), silabi dan buku teks
utama termasuk referensi yang mendukung kegiatan perkuliahan. Dalam hal ini diasumsikan pihak pengelola program studi sudah mengirimkan semua materi tersebut paling lambat 2 (dua) minggu sebelum perkuliahan dimulai.

2. Lakukan Persiapan pra-Kuliah
Berdasarkan RPS berikut silabinya yang telah diterima, pahami peran dan tujuan atau Role and Purpose (RaP) mata kuliah tersebut. Berikutnya, hasil apa yang ingin dicapai atau Subject Learning Outcomes (SLO).

Baca juga: Tips Belajar Bahasa Inggris lewat Film

3. Cocokkan materi yang ada di buku teks/referensi dengan silabi, karena tidak semua materi dalam buku teks dianggap sesuai dengan SLO oleh pengajar. Jika dimungkinkan “singkirkanlah” materi yang tidak akan dibahas. Sehingga secara psikologis mahasiswa akan merasa “bebannya” menjadi berkurang.

4. Menata seluruh mata kuliah dalam tiap folder. Dalam hal ini diasumsikan setiap mahasiswa sudah menggunakan laptop/komputer.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1862 seconds (11.210#12.26)