Ingat Saat Kuliah, Ketua DPR Wejang Ratusan Mahasiswa Magang di Senayan

Rabu, 29 September 2021 - 01:33 WIB
loading...
Ingat Saat Kuliah, Ketua DPR Wejang Ratusan Mahasiswa Magang di Senayan
Gedung DPR Senayan Jakarta. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani memberikan kuliah singkat kepada ratusan mahasiswa yang menjadi peserta program Magang di Rumah Rakyat. Materi yang disampaikan seputar kerja diplomasi parlemen, cara menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat, termasuk mengenai pembahasan rancangan undang-undang di DPR.

"Kalian akan bisa lihat dan alami sendiri kerja-kerja politik yang dilakukan DPR. Seperti kerja diplomasi parlemen lalu bagaimana DPR menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Setiap hari selalu ada aspirasi masyarakat yang masuk dan diperjuangkan di DPR,” Kata Puan saat pemaparan dihadapan ratusan mahasiswa magang di Rumah Rakyat, Selasa (28/9/2021).



Magang di rumah wakil rakyat merupakan salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam rangka Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Setidaknya, dari sekitar 7 ribu mahasiswa yang mendaftar untuk bisa magang di Senayan, hanya 150 mahasiswa yang diterima.

Alumni FISIP UI ini berharap program tersebut dapat membuat mahasiswa turut menjadi bagian dari kerja-kerja politik untuk memajukan Indonesia. Melalui program Magang di Rumah Rakyat, ia mengajak mahasiswa belajar mendengarkan aspirasi dari masyarakat yang datang dari berbagai golongan.

“Ada mekanismenya yang diatur dalam Tata Tertib DPR seperti melalui Rapat Dengar Pendapat Umum dan berbagai kunjungan kerja untuk berdialog dengan kelompok-kelompok masyarakat, yang kehidupannya dapat terdampak oleh sebuah RUU yang akan disahkan,” jelas Puan.



Para peserta juga bisa belajar mengenai proses penyusunan APBN, yang dipersiapkan dari satu tahun sebelumnya. Mulai dari perencanaan dan penganggaran, pembahasan di berbagai rapat antara DPR bersama dengan Pemerintah hingga kemudian akhirnya ditetapkan lalu dilaksanakan, dilaporkan, dan dipertanggungjawabkan.

Mantan Menko PMK ini juga menilai program Magang di Rumah Rakyat bagus dilakukan sebagai bentuk riset untuk melengkapi keahlian mahasiswa dengan pola pikir yang sistematis. Dengan begitu, mahasiswa bisa mendapat modal pengalaman saat bekerja nanti.

Puan berharap, berbagai pengetahuan dan keahlian yang didapat mahasiswa selama magang di DPR akan menjadi bekal berharga di masa depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)