Mahasiswa UI Kembangkan Aplikasi Medsos untuk Pengenalan Mahasiswa Baru

Rabu, 29 September 2021 - 18:38 WIB
loading...
Mahasiswa UI Kembangkan Aplikasi Medsos untuk Pengenalan Mahasiswa Baru
Mahasiswa Fasilkom UI mengembangkan aplikasi PANSOS sebagai wadah bagi mahasiswa baru dan kakak tingkat dalam rangka kegiatan PMB 2021. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia ( Fasilkom UI ) mengembangkan aplikasi bernama Panda Social Support (PANSOS) sebagai wadah perkenalan bagi mahasiswa baru dan kakak tingkat dalam rangka kegiatan Pembinaan Mahasiswa Baru (PMB) Fasilkom UI 2021.

Aplikasi berbasis web ini dikembangkan oleh mahasiswa yang terhimpun dalam organisasi Independen mahasiswa Fasilkom UI yakni, Ristek.



PANSOS dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan artifisial dan model machine learning, sehingga para pengguna dapat terhubung satu sama lain melalui matchmaking system berdasarkan minat yang ada di Fasilkom UI.

Nantinya mahasiswa baru (maba) dapat mengisi pertanyaan-pertanyaan yang muncul untuk membantu perkenalan antarmaba serta mengisi deskripsi dari kakak tingkat yang ingin mereka ajak berkenalan.

“Aplikasi ini mampu mencocokkan pengguna yang memiliki minat yang sama dan menjadi sentra informasi serta media penugasan Mahasiswa Baru selama kegiatan PMB Fasilkom UI 2021,” ujar Ketua Ristek Fasilkom U Jonathan Filbert melalui siaran pers, Rabu (29/9/2021).



Ketua PMB Fasilkom UI 2021 Muhammad Naufal Nabiel mengatakan dengan dikembangkannya aplikasi ini menjadi sebuah solusi bagi maba Fasilkom UI untuk dapat memperluas jaringan pertemanan mereka meskipun saat ini masih dalam masa perkuliahan jarak jauh.

“Pada kondisi ini, para maba tersebut belum memiliki kesempatan untuk berkenalan dan bertemu secara langsung dengan teman maupun kakak tingkat di Fasilkom UI. Hadirnya aplikasi PANSOS ini menjadi wadah perkenalan antara maba dan juga kakak tingkat. Ia juga dapat dipergunakan oleh pengguna yang memiliki Single Sign On (SSO) aktif serta masih terdaftar sebagai mahasiswa Fasilkom UI,” katanya.

Lebih lanjut Jonathan Filbert menjelaskan langkah-langkah mengunakan aplikasi PANSOS. Pertama, setiap pengguna login dengan akun SSO, lalu mengisi data diri dan interest yang selanjutnya akan dicocokan oleh algoritma dari tim data science RISTEK.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)