Mahasiswa Baru? Ini Hal Wajib yang Harus Disiapkan Saat Kuliah

Kamis, 30 September 2021 - 05:55 WIB
loading...
Mahasiswa Baru? Ini Hal Wajib yang Harus Disiapkan Saat Kuliah
Mahasiswa baru UGM. Foto/Dok/Humas UGM
A A A
JAKARTA - Bagi kamu yang duduk di kelas 12 SMA, tentu ingin melanjutkan kuliah di jurusan yang kamu inginkan. Apalagi, kamu termasuk sebagai siswa yang ngambis untuk masuk PTN/PTS impian, dan sedang mempersiapkan diri menghadapi UTBK. Sebagian besar dari kamu mungkin sudah membayangkan bagaimana rasanya ketika berkuliah nanti? Adakah persiapan mental untuk kuliah yang harus dilakukan?

Persiapan Kuliah Untuk Mahasiswa Baru
Agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kampus, kamu tentu sudah pernah mencari tahu persiapan mental untuk kuliah, kan? Karena, saat menyandang status mahasiswa , kamu akan dihadapkan dengan suasana, cara belajar, aktivitas hingga teman-teman yang baru.



Wah seru banget dong? Tapi jangan senang dulu, karena ada segudang tanggung jawab baru yang harus kamu jalani selama berkuliah. Tak sedikit mahasiswa baru yang merasa kaget, bahkan tegang ketika dihadapkan dengan dunia kuliah dan segala permasalahannya. Nah, agar lebih siap, ada lima hal yang bisa kamu terapkan ketika menjadi mahasiswa baru, sebagai berikut:

Persiapan Mental Untuk Kuliah
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, untuk menghadapi dunia perkuliahan, kamu dituntut untuk mempersiapkan mental terlebih dahulu. Artinya, kamu harus mampu menanggalkan mental siswa SMA yang kamu miliki. Karena, mekanisme kuliah sangat berbeda dengan metode pembelajaran SMA.

Misalnya, ketika SMA, kamu akan diberikan informasi tentang kegiatan akademis dan materi pelajaran langsung oleh guru. Berbeda dari SMA, saat kuliah, kamu harus mencari tahu sendiri informasi tentang perkuliahan. Kamu harus aktif mencari informasi tentang jadwal perkuliahan, rencana studi hingga daftar kehadiran dosen pengajar.



Intinya, tidak ada waktu bermanja-manja saat kuliah. Setelah menyandang status mahasiswa, kamu dituntut untuk lebih mandiri. Tak hanya informasi tentang jadwal kuliah dan materi perkuliahan saja yang harus kamu cari sendiri. Selama perkuliahan, dosen tidak akan mendikte materi pembelajaran. Jadi, paham atau tidaknya kamu terhadap materi yang diberikan, menjadi tanggung jawab kamu sendiri.

Mengikuti Ospek
Mirip seperti Masa Orientasi Siswa (MOS) ketika kamu masuk SMA. Sebelum menghadapi kegiatan kuliah, kamu diwajibkan mengikuti Ospek untuk mengenal kehidupan kampus. Ospek biasanya berlangsung selama satu minggu, tergantung dari kebijakan masing-masing kampus. Di kegiatan ini, semua mahasiswa baru akan diberikan informasi tentang universitas, jurusan, fakultas, mekanisme perkuliahan hingga organisasi yang ada di kampus.

Seperti MOS, saat Ospek, kamu juga akan mengikuti serangkaian kegiatan. Beberapa kampus masih menerapkan Ospek dengan aturan-aturan unik yang terkesan mengerjai mahasiswa baru. Tapi, jangan khawatir, semua itu hanya untuk menyiapkan mental kamu sebagai mahasiswa baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)