Ini Kunci Agar Kalian Bisa Cepat Menguasai Bahasa Inggris

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 22:17 WIB
loading...
Ini Kunci Agar Kalian Bisa Cepat Menguasai Bahasa Inggris
TBI-SINDOnews kolaborasi mengadakan webinar gratis bertemakan Improving Your English Quality for Young Professional,Jumat (1/10). Foto/SINDOnews/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Academic Team Leader The British Institute (TBI) Intan Hartianti menjelaskan ada 4 skill yang harus dilatih agar kualitas berbahasa Inggris bisa meningkat. Dan untuk mempelajarinya pun tidak hanya dalam ruang kelas namun bisa dilatih dalam kegiatan sehari-hari.

Intan menuturkan, skill dalam Bahasa Inggris itu ada 4 yakni reading, writing, listening dan speaking. “Jika tanya mulai dari yang mana dulu (yang perlu dilatih), kalau saya bilang semua sama pentingnya,” katanya pada webinar 'Improving Your English Quality for Young Professional' yang diselenggarakan TBI berkolaborasi dengan SINDOnews ,Jumat (1/10/2021).



Dia menjelaskan, jika hanya focus belajar di listening maka kemampuan Bahasa Inggris tidak akan berkembang. Atau jika hanya mampu di writing maka jika ingin bercakap memakai Bahasa Inggris dengan seseorang akan tidak percaya diri. Sehingga, dia menekankan, keempat skill itu harus dilatih secara konsisten.

Bagaimana cara melatihnya? Intan memberi saran, integrasikan penggunaan keempat skill tersebut ke dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya latihan membaca bisa dilakukan sembari istirahat makan. Ataupun ketika dalam perjalanan rumah ke kantor atau kampus dan sebaliknya bisa sambil mendengarkan podcast berbahasa Inggris.

Intan mengatakan, pilihlah jenis lagu, atau topik podcast ataupun genre film yang paling disukai dan diminati. Hal ini penting, katanya, agar bisa fokus dalam proses belajar bahasa Inggris yang sedang ditekuni.



Dia menjelaskan, pembelajaran secara rutin ini penting karena skill berbahasa Inggris itu harus terus menerus diasah sehingga materi yang sudah dipelajari tidak akan pudar.

Menurutnya, mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris saat ini menjadi keharusan. Sebab di era teknologi yang serba cepat dan globalisasi yang mengaburkan batas negara persaingan di dunia kerja tidak lagi dengan pekerja dari dalam negeri saja melainkan juga dari rekrutmen luar negeri.

Oleh karena itu, katanya, para profesional muda pun harus bisa meningkatkan kualitas bahasa Inggrisnya sebab bahasa Inggris telah dipakai sebagai bahasa internasional di semua negara.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)