Tim Terbaik Robotik Indonesia Siap Bertarung di Kompetisi Robot Internasional di China

Senin, 04 Oktober 2021 - 01:25 WIB
loading...
Tim Terbaik Robotik Indonesia Siap Bertarung di Kompetisi Robot Internasional di China
Para juara pertama pada divisi KRAI 2021 akan terpilih mewakili Indonesia pada kompetisi robot internasional di Cina. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah sukses menggelar Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat wilayah I dan II 2021 secara daring pada akhir September 2021, dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sebagai tuan rumah penyelenggara. Para juara pertama pada divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2021 akan terpilih mewakili Indonesia pada kompetisi robot internasional di China.

KRI 2021 mempertandingkan enam divisi lomba yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-Humanoid).



Tim-tim terbaik pada masing-masing divisi dari setiap wilayah nantinya akan melaju berkompetisi kembali pada KRI tingkat Nasional pada 12-17 Oktober 2021. Selanjutnya, juara pertama pada divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2021 akan terpilih mewakili Indonesia dalam ajang ABU Robocon pada Desember 2021, secara daring di Jimo, China.

“Kemendikbudristek sedang mencoba untuk mengelaborasi bagaimana supaya nanti karya-karya terbaik dari robot ciptaan dan kreasi dari adik-adik mahasiswa kita bisa mewakili Indonesia pada ajang dengan level yang lebih tinggi,” ujar Plt Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi melalui siaran pers, Sabtu (2/10/2021).

Di samping itu, kata Asep Sukmayadi, Kemendikbudristek juga akan mengkomunikasikan dengan para akademisi agar karya terbaik ini bisa diakuisisi dan dikembangkan lebih jauh oleh pihak industri.



“Kita coba komunikasikan pada pengembangan kecerdasan buatan dibantu oleh para akademisi, guru besar di bidang teknik sehingga nanti karya-karya terbaik itu bisa di akuisisi dan dikembangkan lebih jauh oleh industri,” ujarnya.

Asia Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon merupakan kompetisi robot internasional tahunan yang diikuti oleh mahasiswa dari negara Asia Pasifik. Sedangkan KRAI merupakan salah satu divisi yang ada pada Kontes Robot Indonesia (KRI).

Salah satu juri divisi KRAI, Djoko Purwanto mengatakan tahun ini terdapat 19 tim KRAI dari perguruan tinggi yang lolos ke tingkat nasional dan akan dipilih dua tim terbaik yang akan mewakili Indonesia di ajang ABU Robocon 2021. Kontes ABU Robocon 2021 mengangkat tema “Throwing Arrows into Pots” di mana setiap robot diminta melemparkan anak panah ke sebuah pot.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3993 seconds (0.1#10.140)