Mendominasi, ITS Raih Juara Umum GEMASTIK XIV

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 01:11 WIB
loading...
Mendominasi, ITS Raih Juara Umum GEMASTIK XIV
Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi atau Gemastik ke XIII telah usai diselenggarakan. Foto/Dok/Tel-U
A A A
JAKARTA - Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi atau Gemastik ke XIII telah usai diselenggarakan. Kompetisi tahunan yang digelar oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspernas) Kemendikbudristek ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia.

Harapannya, mereka mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya, baik ketika masih dalam masa studi maupun kelak sesudah lulus studi.



Di tahun ke-14 penyelenggaraan Gemastik, Telkom University kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah pagelaran mahasiswa bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terbesar di Indonesia ini.

Pada tahun ini, sebanyak 3.164 tim dari 235 perguruan tinggi, yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia, berpartisipasi pada kompetisi yang dibagi menjadi 11 divisi lomba, yaitu: Programming, Cyber Security, Data Mining, UX Design, Animation, Smart City, ICT Scientific Paper, Software Development Smart Device, Embedded System IoT, Game Development, dan ICT Business Development.

Dalam proses seleksi, seluruh divisi melakukan 1 kali tahapan seleksi, dan 2 kategori yaitu Divisi Pemrograman dan Keamanan Siber melakukan tahapan seleksi secara daring. Dari hasil proses seleksi yang dilakukan oleh para juri, telah terpilih 230 tim yang berasal dari 67 perguruan tinggi dan 60 Perguruan tinggi di antaranya berasal dari luar Jawa Barat yang tersebar di 16 Provinsi untuk masuk ke dalam babak final, yang digelar pada Selasa 5 Oktober 2021, hingga Kamis 7 Oktober 2021.



Pada puncak acara Gemastik ke 14 yang berlangsung pada Kamis (7/10), melalui aplikasi zoom, dan disiarkan live di kanal youtube Puspresnas, telah diumumkan para juara dari setiap divisi lomba, dan Institut Teknologi Sepuluh November berhasil keluar sebagai juara umum pada Gemastik XIV tahun 2021, dengan total peraihan medali 2 Emas, 2 Perak dan 5 Perunggu, serta meraih piala bergilir GEMASTIK.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek, Prof. Nizam menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada seluruh peserta dan finalis GEMASTIK XIV tahun 2021 ini. Menurutnya, melalui ajang ini seluruh mahasiswa dapat mengekspresikan kreasinya, menunjukan kompetensi dan kecakapannya dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi serta menjadi ajang menumbuhkan persahabatan antar mahasiswa perguruan tinggi.

“Saya ucapkan selamat kepada para finalis dan seluruh peserta yang telah berjuang dan memberikan ide- ide terbaiknya demi kemajuan ilmu teknologi di Indonesia, semoga melalui kompetisi ini menjadi pengalaman bagi rekan-rekan mahasiswa,” Ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)