Ini Tips Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi dari Dosen Psikologi Unair

Senin, 11 Oktober 2021 - 23:09 WIB
loading...
Ini Tips Jaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi dari Dosen Psikologi Unair
Dosen bidang Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (UNAIR) Atika Dian Ariana. Foto/Dok/Unair
A A A
JAKARTA - Dosen bidang Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair) membagikan tips untuk menjaga kesehatan mental. Mengingat, di tengah masa pandemi banyak masyarakat yang sulit beradaptasi sehingga banyak yang mengeluhkan tidak hanya gangguan fisik namun juga psikologis.

10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia . Isu kesehatan mental ini menjadi kian marak berbarengan dengan pandemi Covid-19. Adanya pembatasan sosial di masa pandemi tidak jarang menyebabkan banyak orang merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru.



Terkait dengan hal itu, Dosen bidang Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Fakultas Psikologi Unair Atika Dian Ariana menegaskan urgensi menjaga kesehatan mental selama berkegiatan di tengah pandemi Covid-19.

“Yang paling utama adalah memperhatikan pola hidup kita seperti komitmen terhadap jadwal keseharian yang kita buat. Ini penting untuk menjaga motivasi hidup kita,” katanya melansir laman resmi Unair di unair.ac.id, Senin (11/10/2021).

Atika menyarankan untuk membuat sebuah spot yang hanya digunakan sebagai tempat kerja atau tempat untuk melakukan pembelajaran daring di rumah.



Selain itu, pola hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi dan seimbang, memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, serta olahraga teratur juga sangat penting untuk diperhatikan.

Meskipun hanya melakukan kegiatan dari rumah masing-masing, Atika mengingatkan agar tetap terkoneksi dengan orang-orang di sekitar.

“Tetap terhubung dengan lingkungan sosial juga penting di tengah pandemi sekarang ini di mana kita tidak leluasa untuk berinteraksi dengan orang lain meskipun hanya dengan menggunakan media daring,” paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7444 seconds (0.1#10.140)