IPB Hadirkan Startup School untuk Bangun Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa

Kamis, 14 Oktober 2021 - 19:32 WIB
loading...
IPB Hadirkan Startup School untuk Bangun Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa
IPB University. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - IPB University kini menghadirkan Startup School bagi mahasiswa. Startup School IPB University merupakan upaya peningkatan kapasitas serta menumbuhkan jiwa berwirausaha pada mahasiswa.

Di dalam Startup School IPB University, mahasiswa akan diarahkan untuk memiliki kemandirian berwirausaha berbasis technosociopreneurship. Di Startup School ini juga, mahasiswa akan diajarkan untuk mengembangkan pemahaman dan kesadaran tentang entrepreneurship.



Konsep pemahaman yang dimaksud yang mencakup konsep dasar, karakteristik, serta tujuan pembelajaran entrepreneurship dengan memanfaatkan inovasi dan teknologi. Pemanfaatan teknologi ini guna meningkatkan nilai tambah dan memberikan dampak ekonomi, sosial dan lingkungan.

Asisten Direktur Pengembangan Karir, Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University Handian Purwawangsa menjelaskan, dengan kehadiran startup school ini mahasiswa diharapkan mampu menginternalisasi nilai dan sikap dalam entrepreneurship seperti etos bekerja, motif berprestasi, kemandirian, kreativitas, serta keterampilan pengambilan keputusan.

“Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan karakter dan etos entrepreneurship secara meluas melalui jalur pendidikan formal, informal, maupun nonformal,” ujar penanggungjawab Startup School IPB University melalui siaran pers, Kamis (14/10/2021).



Lebih lanjut, ia menerangkan, mahasiswa yang tergabung dalam Startup School IPB University akan mendapat pelatihan wawasan tentang dunia startup langsung oleh para ahlinya.

Bahkan, tim dengan ide startup yang terpilih akan mendapatkan pendanaan modal. Tidak hanya sampai di situ, setelah mendapatkan modal tim yang terpilih akan didampingi secara intensif selama tiga bulan dan seterusnya secara berkala.

Startup School yang digagas oleh IPB University, katanya, merupakan implementasi dari program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM). Oleh karena itu, mahasiswa yang berpartisipasi di dalamnya bisa menggunakan kegiatan Startup School untuk memenuhi satuan kredit semester (SKS).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)